PERANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE D’COFFEE CUP KE APLIKASI MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA

Sinaga, Icha (2024) PERANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE D’COFFEE CUP KE APLIKASI MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010149_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010149_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
20082010149_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
20082010149_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
20082010149_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2027.

Download (7MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010149_Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010149_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
20082010149_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

D'Coffee Cup di Surabaya telah mengadopsi aplikasi berbasis web untuk pemesanan makanan, namun aplikasi ini mengalami kendala utama yaitu tidak adanya fitur pembayaran langsung, menyebabkan antrian panjang di kasir. Hasil pengujian usability awal menunjukkan skor 42.5 dari 100. Penelitian menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan nilai rendah pada aspek attractiveness (-1.46), perspicuity (-1.15), efficiency (-1.65), dependability (-1.33), stimulation (-1.48), dan novelty (-1.42), menandakan bahwa desain UI aplikasi masih kurang baik bagi dari segi kegunaan maupun keestetikaan. Setelah proses redesain dengan metode Design Thinking (Empathize, Define, Ideate, Prototype, Testing), pengujian usability menunjukkan peningkatan skor usability menjadi 71 untuk aplikasi pelanggan dan 83 untuk aplikasi kasir. Namun, skor aplikasi pelanggan belum mencapai level baik. Oleh karena itu dilakukan iterasi desain, adapun skor usability yang didapat setelah iterasi adalah 88, dimana skor ini berada pada level usability yang baik. Selain itu, pengujian UEQ juga menunjukkan nilai benchmark di atas rata-rata untuk aplikasi pelanggan dan kasir. Evaluasi Heuristic oleh tiga ahli UI/UX dilakukan sebagai tahap akhir untuk konfirmasi dan validasi desain, serta penyempurnaan akhir. Adapun aspek yang paling banyak dievaluasi ialah pada aspek Visibility of System Status dan aspek Consistency and Standards. Kata Kunci: Desain Antarmuka, UI/UX, Design Thinking, Usability Testing, UEQ, Heuristic Evaluation, D’Coffee Cup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN6772777seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorFitri, Anindo SakaNIDN6772781anindo.saka.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Icha . Sinaga
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:05
Last Modified: 17 Jul 2024 05:05
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/26275

Actions (login required)

View Item View Item