Sutorini, Agustine Anggit (2024) INOVASI PELAYANAN SAMSAT SRIKANDI DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN PENGESAHAN STNK TAHUNAN DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
17041010038_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
17041010038_bab1.pdf Download (137kB) |
|
Text (Bab 2)
17041010038_bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
17041010038_bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
17041010038_bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
17041010038_bab5.pdf Download (95kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
17041010038_daftar pustaka.pdf Download (151kB) |
|
Text (Lampiran)
17041010038_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada dasarnya, pelayanan publik merupakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Artinya pemerintah memiliki kewajiban untuk menyelengarakan pelayanan publik yang berkualitas, baik dan menyeluruh ke semua kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak dasar masyarakat. Sesuai dengan Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik disebutkan bahwa kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik maka mengacu pada fokus penelitian menurut Roger dalam Triyana dan Aryani tentang faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah inovasi yang terdiri dari lima indikator yaitu : keunggulan relarif, kesesuaian, kerumitan,kemungkinan coba dan kemudahan diamati. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui inovasi pelayanan samsat srikandi dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat kendaraan bermotor tahunan di Kabupaten Jember. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menarik diantaranya yaitu pada dimensi keunggulan relatif, kesesuaian,kemungkinan coba dan kemudahan diamati didalam inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda kendaraan bermotor di Kabupaten Jember sudah efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun pada dimensi kerumitan didalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda kendaraan bermotor pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda kendaraan bermotor masih terdapat celah yang harus segera diperbaiki oleh pihak pelayanan sistem administrasi manunggal satu atap Kabupaten Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Agustin Anggit Sutorini | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:58 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25856 |
Actions (login required)
View Item |