Arumdapta, Gemintang Aqsa (2024) RE-DESIGN WEBSITE PASAR POLIS DENGAN METODE DESIGN THINKING. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010071_Cover.pdf Download (12MB) |
|
Text (Bab 1)
20082010071_Bab 1.pdf Download (240kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010071_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 14 June 2026. Download (427kB) |
|
Text (Bab 3)
20082010071_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 14 June 2026. Download (381kB) |
|
Text (Bab 4)
20082010071_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 14 June 2026. Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
20082010071_Bab 5.pdf Download (237kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010071_Daftar Pustaka.pdf Download (364kB) |
Abstract
User Interface dan User Experience (UI/UX) memegang peran penting dalam pembangunan sebuah aplikasi, karena desain pada sebuah aplikasi harus rapi dan terorganisir. Selain itu UI/UX Design harus sesuai dengan kebutuhan pengguna dari aplikasi yang akan dibangun. User Interface dan User Experience (UI/UX) dibangun dengan melihat kebutuhan pengguna atas sebuah aplikasi yang akan dibangun mulai dari desain tampilan, fitur-fitur, dan berbagai kebutuhan lainnya. Seiring dengan pemahaman akan pentingnya desain antarmuka dalam berbagai macam sistem, maka diperlukan pula adanya desain yang baik untuk pengoperasian sistem antarmuka digital. Salah satunya adalah Website Pasar Polis yang didirikan pada tahun 2015. Pasar Polis merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang sebagai perusahaan penawar asuransi dengan menggunakan teknologi sebagai media utama usahanya. Pasar Polis menyediakan beberapa jenis layanan seperti asuransi kendaraan, jiwa, property, dan layar gadget di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Pasar Polis memiliki permasalahan yang akan di selesaikan yaitu membantu user agar lebih paham mengenai layanan dan produk juga paham mengenai pembeda Pasar Polis dengan platform lainnya serta membantu user agar bias menghubungi perusahaan jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan layanan Pasar Polis. Maka dari itu, tujuan dari laporan ini adalah untuk merancang ulang desain atau redesain website Pasar Polis yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini mudah untuk memahami kebutuhan user serta membantu menciptakan inovasi baru. Design Thinking memiliki lima tahapan yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Dengan menggunakan motode tersebut maka ditemukan beberapa solusi, yaitu membuat alur yang mudah, posisi dan informasi pada navbarnya konsisten, merubah tampilan pasarpolis mitra yang tidak konsisten, icon Pasar Polis yang dapat kembali kehalaman utama, dan merubah tampilan dan memberi informasi yang jelas mengenai jenis asuransi. Setelah dilakukan seluruh tahapan, hasil dari metode Design Thinking yaitu tampilan desain nyaman di lihat dari segi warna, font, button, dan sebagainya. Selain itu, alur website dan informasi yang diberikan mudah dipahami. Terdapat feedback perbaikan dari responden yang telah mencoba redesain website yang dapat menjadi referensi bagi designer dan perbaikan bagi design di masa yang akan datang.
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics | ||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||
Depositing User: | Gemintang Aqsa Arumdapta | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2024 08:55 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jun 2024 08:55 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24605 |
Actions (login required)
View Item |