Al-Zaher, Abdulqader Alawi Omar (2024) ANALISIS SISTEM PELAYANAN COFFEE SHOP X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI. Undergraduate thesis, Universitas pembangunan nasional.
There is a more recent version of this item available. |
Text (Cover)
20032018188 BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text (Bab 2)
20032018188 BAB II.docx Restricted to Registered users only until 6 June 2027. Download (434kB) |
|
Text (Bab 3)
20032018188 BAB III.docx Restricted to Registered users only until 6 June 2027. Download (94kB) |
|
Text (Bab 4)
20032018188 BAB IV.docx Restricted to Registered users only until 6 June 2027. Download (390kB) |
|
Text (Bab5)
20032018188 BAB V.docx Download (22kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
20032018188 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (29kB) |
|
Text (Lampiran)
20032018188 LAMPIRAN.docx Restricted to Registered users only until 6 June 2027. Download (432kB) |
Abstract
Simulasi adalah metode untuk mengevaluasi perilaku model dalam berbagai situasi yang memungkinkan pengambilan keputusan. Simulasi ini memerlukan pengembangan model yang mewakili sistem. Oleh karena itu, simulasi akan bertindak sebagai operasi sistem. Setelah melakukan simulasi model, akan diketahui dampak nyata dari setiap alternatif dan tindakan. Simulasi diskrit memodelkan pengoperasian suatu sistem sebagai serangkaian peristiwa diskrit dalam waktu. Setiap peristiwa terjadi pada waktu tertentu dan menandai perubahan keadaan dalam sistem. Karena adanya perubahan pada sistem, simulasi ini akan mencegah kegagalan tanpa mengganggu sistem sebenarnya. Hasil verifikasi dan validasi diperoleh 3 kali ulangan dengan rata-rata waktu replikasi pada real time yaitu 19,33 menit dan pada software ProModel yaitu 9,65 menit. Berdasarkan interval kepercayaan, hasil keluaran yang diperoleh pada simulasi ProModel berada pada interval [5.888 ≤ μ1 – μ2 ≤ 13.478], karena nilai 0 tidak berada pada rentang μ1 – μ2 sehingga dapat dikatakan data yang diperoleh adalah tidak sah. Artinya terdapat perbedaan waktu pada sistem nyata dengan hasil keluaran simulasi dengan software Promodel. Karena hasil yang diperoleh belum valid, maka keluaran simulasi belum dapat diterapkan pada proses sistem pelayanan nyata di Coffee X. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah lebih berhati-hati dalam menginput data dan mengeceknya kembali, agar keluaran simulasi yang diperoleh valid sehingga dapat diterapkan pada keadaan nyata. Kata Kunci: Promodel, Simulasi Diskrit, Sistem Pelayanan, Coffee X
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TS Manufactures V Naval Science > V Naval Science (General) |
||||||||
Depositing User: | ABDULQADER ALAWI OMAR AL-ZAHER | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:50 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:50 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24460 |
Available Versions of this Item
- ANALISIS SISTEM PELAYANAN COFFEE SHOP X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI. (deposited 04 Jul 2024 02:50) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |