ANALISIS PELAKSANAAN NEGOSIASI DALAM PERKARA PERBUATAN MELANGGAR HUKUM BAGI MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI KASUS PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA)

Gerhana, Izdihar Luthfiyyah Surya (2024) ANALISIS PELAKSANAAN NEGOSIASI DALAM PERKARA PERBUATAN MELANGGAR HUKUM BAGI MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI KASUS PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text
1 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (913kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (96kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAPUS.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Negosiasi kerap dilakukan untuk menyelesaikan masalah keperdataan. Guna melaksanakan negosiasi sebagaimana mestinya, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menetapkan SOP sebagai acuan dari berlangsungnya negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur negosiasi di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya berdasarkan SOP dan mengetahui penerapan SOP mengenai negosiasi itu sendiri di lapangan secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah yuridis-empiris dengan sumber data berasal dari wawancara dan observasi. Pelaksanaan negosiasi antara kasus pelanggan X tidak sesuai dengan SOP yang dimiliki oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, dimana dari 9 (Sembilan) tahapan, hanya 5 (lima) tahapan yang dipenuhi dengan baik. Berdasarkan observasi dan wawancara, segala pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya umumnya berawal dari masalah ekonomi. Serta PDAM Surya Sembada Kota Surabaya memberikan solusi yang menguntungkan para pihak dan tidak memberatkan salah satunya. PDAM Surya Sembada kota Surabaya berprinsip bahwa yang terpenting ialah pelanggan mendapatkan air dengan baik, salah satunya dengan menurunkan besaran denda yang harus dibayarkan oleh pelanggan yang melanggar. Kata kunci: Negosiasi; Masyarakat Tidak Mampu; Perbuatan Melanggar Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorApriyani, Maria NovitaNIDN0005049301maria.ih@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Izdihar Luthfiyyah Surya Gerhana
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:41
Last Modified: 05 Jun 2024 03:41
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24211

Actions (login required)

View Item View Item