PENYUSUNAN STANDART OPERASIONAL PROSEDUR INSIDEN MANAJEMEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3 (Studi kasus : Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur)

Brigidta, Ocha Tanita (2024) PENYUSUNAN STANDART OPERASIONAL PROSEDUR INSIDEN MANAJEMEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3 (Studi kasus : Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20082010081_BAB 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
20082010081_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (194kB)
[img] Text (BAB 3)
20082010081_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.

Download (130kB)
[img] Text (BAB 4)
20082010081_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (975kB)
[img] Text (BAB 5)
20082010081_BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010081_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20082010081_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah banyak memberikan manfaat dalam kemajuan diberbagai organisasi. Salah satu organisasi kepemerintahan yang telah mengimplementasikan teknologi informasi dalam menunjang proses bisnisnya ialah Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Dengan semakin banyaknya layanan teknologi informasi yang digunakan oleh Dinas Koperasi, tentunya memunculkan tantangan serta konsekuensi baru dalam proses pemeliharaan layanan ketika terjadi sebuah insiden pada layanan teknologi informasi. Sayangnya, Dinas Koperasi terlihat belum memiliki sebuah alur serta panduan yang jelas dalam penanganan insiden, dikarenakan belum adanya SOP terkait dengan penanganan insiden. Tujuan dari skripsi ini ialah menyusun Standart Operasional Prosedur terkait dengan penanganan insiden yang dapat di manfaatkan oleh Dinas Koperasi sebagai standar atau acuan khusunya dalam penyelesaian insiden yang ada pada layanan teknologi informasi. Penyusunan SOP menggunakan framework ITIL V3 karena pada framework ini terdapat domain Service Operation yang didalamnya terdapat proses insiden manajemen yang telah dirumuskan berdasarkan dari praktek terbaik. Pengambilan data pada skripsi ini akan dilakukan dengan metode wawancara dan menggunakan RACI Chart untuk menentukan narasumber. Skripsi ini menghasilkan 3 Standart Operasional Prosedur, 3 Dokumen pencatatan, 1 Formulir, dan 1 dokumen panduan prioritas yang ditelah disusun berdasarkan framework terkait dan telah divalidasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukaromah, SitiNIDN7700012297UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFaroqi, AsifNIDN0019058703UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Ocha Taniya Brigidta
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:23
Last Modified: 04 Jun 2024 07:23
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24087

Actions (login required)

View Item View Item