ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM BATIK DI SIDOARJO PASCA PANDEMI COVID-19

Krismawan, Alfaldo (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM BATIK DI SIDOARJO PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img] Text (Cover)
20061020019_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
20061020019_BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text (Bab II)
20061020019_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (256kB)
[img] Text (Bab III)
20061020019_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (206kB)
[img] Text (Bab IV)
20061020019_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2027.

Download (537kB)
[img] Text (Bab V)
20061020019_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Dafter Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Pasca pandemi COVID-19, UMKM, terutama di industri batik, menghadapi tekanan ekonomi serius yang membutuhkan strategi pemasaran yang adaptif dan memanfaatkan modal sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak strategi pemasaran dan modal sosial terhadap kinerja UMKM batik. Dengan fokus pada responsifitas pemasaran, pengembangan produk, penetapan harga, dan modal sosial melalui jaringan dan dukungan komunitas.Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah pemilik/pemimpin/pengelola batik di sidoarjo sebanyak 60 responden, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM (structural equation model) - PLS (Partial Least Squares). Temuan dalam peneltian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh positif terdahap kinerja UMKM,lalu modal social juga perpengaruh positif terhadap kinerja UMKM,kemudian strategi pemasaran berpengaruh terhadap inovasi melalui kinerja dan juga modal social berpengaruh terhadap inovasi melalui kinerja. Strategi pemasaran dan modal sosial yang kuat dapat mendukung kelangsungan bisnis UMKM batik pasca pandemi Kata Kunci: UMKM Batik, Strategi Pemasaran, Modal Sosial, Dampak pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukarno, Gendut0701075901UNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, Akhmad709116503UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: Krismawan Alfaldo Krismawan
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:04
Last Modified: 04 Jun 2024 07:04
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23876

Actions (login required)

View Item View Item