SARI, INDAH KUSNILA (2021) STRATEGI CITY BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN UNTUK MENGUBAH BRAND IMAGE PADA DAERAH WISATA TRETES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.
|
Other (COVER)
Cover.PDF Download (541kB) | Preview |
|
|
Other (BAB 1)
1.PDF Download (187kB) | Preview |
|
Other (BAB 2)
2.PDF Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Other (BAB 3)
3.PDF Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Other (BAB 4)
4.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Other (BAB 5)
5.PDF Download (90kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF Download (88kB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF Restricted to Registered users only Download (225kB) |
Abstract
Eksistensi branding di setiap daerah dapat diambil atau digali dari nilai khas (identitas) yang dimiliki, baik dari segi budaya, aturan geografis dan sebagainya. Branding sendiri dibuat untuk membentuk citra atau positioning statement yang kuat terhadap target pasar. Oleh karena itu, Branding dianggap sebagai suatu strategi penting untuk dimiliki suatu daerah dalam memperkenalkan nilai khas daerahnya. Tretes adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang sedang berupaya untuk mengubah image-nya yang dikenal dengan kawasan “esek-esek”, agar tidak terdapat penyebutan yang negative dengan mengubah penyebutan kawasan tretes dengan sebutan kawasan wisata keluarga. Program Tretes wisata keluarga itu, cukup mendasar dengan harus mereview sejumlah aturan, utamanya Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang Wilayah. Kabupaten Pasuruan, digadang-gadang dapat berubah menjadi kawasan wisata keluarga. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu melakukan pengamatan dan analisa strategi pemasaran city branding yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Pasuruan Strategi pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam membranding daerah Tretes ialah dengan memberikan edukasi pada masyarakat sekitar terkait kawasan tretes sebagai kawasan wisata keluarga. Langkah Kabupaten Pasuruan dalam mebranding daerah tretes tidak lain dengan melakukan pendekatan empat pendekatan: Brand Citra (Image Branding), Brandatraksi/daya tarik (attraction Branding), Brandprasarana (infrastructure Branding), dan Brandpenduduk (people Branding). BrandCitra (Image Branding) dilakukan dengan slogan Pasuruan Alwayas Fresh memiliki makna selalu segar yang juga bermakna inovasi dan kreativitas dari warga Kabupaten Pasuruan Brandatraksi/daya tarik (attraction Branding) dilakukan dengan adanya pertunjukan Jazz Tretes 2019, Adanya festival music disana sangat diharapkan mengangkat tretes menjadi kawasan wisata keluarga. Jazz Tretes 2019 yang digelar di Wisata Halal Ngopi Bareng Pintu Langit, Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu 29 September 2019 malam berlangsung spektakuler. Brandprasarana (infrastructure Branding) dilakukan dengan melalui media sosial yang dimiliki oleh kabupaten pasuruan,selain itu banyaknya sarana penginapan yang dikelola oleh masyarakat setempat, semakin menambah daya trik wisatawan local maupun dari luar daerah pulau jawa. Brand penduduk (people Branding). Pemasaran yang dilakukan masyarakat sekitar ialah dengan banyaknya masyarakat yang membuka layanan penginapan dan menjadi jasa tour guide local. Kata Kunci: City Branding, Kawasan Tretes, Kabupaten Pasuruan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2021 03:47 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2021 03:47 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2373 |
Actions (login required)
View Item |