PUTRI, FIRNANDA PRAMITHA (2021) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP UP TENTANG MENGATUR DAN MENGELOLA WAKTU DENGAN BAIK UNTUK ANAK USIA 9-11 TAHUN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
nandaaaa TA-1-14.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
nandaaaa TA-15-20.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
nandaaaa TA-21-55.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
nandaaaa TA-56-68.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text (BAB 4)
nandaaaa TA-69-79.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text (BAB 5)
nandaaaa TA-80-98.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 6)
nandaaaa TA-99-108.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 7)
nandaaaa TA-109-110.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
nandaaaa TA-111-112.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRRAN)
nandaaaa TA-113-120.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
Abstract
Pada era globalisasi yang ditandai dengan semakin canggih alat teknologi, membuat anak menjadi lupa waktu untuk menggunakan waktu mereka secara efisien dan produktif. Kemajuan teknologi ini juga dapat membuat anak-anak lupa dengan waktu mereka yang seharusnya di pergunakan dengan baik atau produktif. Anak-anak adalah suatu individu yang menjalani sebuah proses perkembangan bagi kehidupan berikutnya. Masa anak inilah yang harus diterapkan untuk mengatur waktu atau mengelola waktu pada anak agar anak dapat menyeimbangkan waktu mereka dengan aktifitas yang lain, seperti kursus, sekolah, waktu anak-anak berada dirumah, bermain dengan teman, dan bersosialisasi dengan teman mereka. Mengatur waktu dengan baik merupakan faktor penting untuk mengaarkan mereka seak dini saat usia anak 9-11 tahun mengantar anak menuju kesuksesan. Media buku pop-up ini sangat sesuai untuk menarik perhatian anak-anak agar bisa memahami isi buku tersebut Pada perancangan ini pengumpulan datanya melalui data primer dan data skunder. Data primer ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ini menggunakan hasil observasi, wawancara kepada orangtua anak dan psikologi anak, serta melakukan FGD pada anak-anak yang usianya mulai dari 9-11 tahun. Data skunder yang mana data ini berasal dari media buku, jurnal, literature dan lain sebagainya. Perancangan ini ada beberapa metode analisa data. Pada pengumpulan data ini diperoleh dari hasil data wawancara, observasi dan FGD yang merupakan bagian dari metode kualitatif. Pada perancangan ini menggunakan metode the design process dan analisa 5W+1H. Dari proses pengumpulan data perancangan ini ditarik menghasilkan keyword yaitu “Pintar dalam Mengelola Waktu” adalah anak pintar mempunyai banyak akal mengenal serta mengelola waktu seperti bermain untuk bersenang-senang, belajar dan kegiatan produktif lainnya agar waktu berjalan seimbang sesuai rencana untuk mencapai kesuksesan. Adanya perancangan ini diharapkan semoga dapat lebih mengerti serta mampu untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin, tidak hanya bermain sepanjang hari. Tetapi diharapkan melakukan hal yang lebih positif saat waktu luang seperti mengerjakan pekerjaan rumah, mengerti akan bangun pagi supaya tidak terlambat kesekolah. Kata Kunci: Buku Ilustrasi Pop-Up, Mengelola Waktu, Media Edukasi, Anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2021 04:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2021 04:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
View Item |