ANALISIS RESEPSI PEMILIH PEMULA TERHADAP PERSONAL BRANDING PASANGAN CALON PRABOWO – GIBRAN PADA TAYANGAN “ANTARA PRABOWO-GIBRAN DAN LANGKAH POLITIK GIBRAN SETELAH PUTUSAN MK” DI CHANNEL YOUTUBE TOTAL POLITIK

Haiqal, Nur Achmad (2024) ANALISIS RESEPSI PEMILIH PEMULA TERHADAP PERSONAL BRANDING PASANGAN CALON PRABOWO – GIBRAN PADA TAYANGAN “ANTARA PRABOWO-GIBRAN DAN LANGKAH POLITIK GIBRAN SETELAH PUTUSAN MK” DI CHANNEL YOUTUBE TOTAL POLITIK. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
19043010066-coverr.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
19043010066-bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text (BAB 2)
19043010066-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2026.

Download (344kB)
[img] Text (BAB 3)
19043010066-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2026.

Download (121kB)
[img] Text (BAB 4)
19043010066-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2026.

Download (320kB)
[img] Text (BAB 5)
19043010066-bab5.pdf

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19043010066-daftarpustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
19043010066-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2026.

Download (238kB)

Abstract

Dalam pemilihan umum 2024, Prabowo-Gibran memproduksi pesan politik sekaligus membangun identitas personal atau personal branding utamanya segmen anak muda. Hal tersebut dikarenakan pemilih dari generasi muda mencapai 56% dari total pemilih, atau sekitar 114 juta orang. Sebagian dari mereka adalah pemilih pemula. Pemilih pemula merupakan segmen yang khas dilihat dari cara konsumsi pesan politik di media yakni media sosial. Youtube sebagai salah satu kanal media sosial berita online menurut databoks memang menjadi sumber rujukan anak muda dalam mencari informasi terkait dinamika politik. Total politik sebagai salah satu kanal youtube yang memproduksi konten menuai pro kontra terkait pencalonan Prabowo-Gibran sebagai paslon pilpres 2024. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan yang diterima, dipahami dan diinterpretasikan oleh pemilih pemula sesuai dengan latar belakang, budaya dan identitas sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif deskriptif dengan tujuh informan dari berbagai latar belakang berbeda. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat 2 pemilih pemula meresepsi dominan hegemonic dengan latar belakang anggota partai pengusung Prabowo-Gibran. Terdapat 3 pemilih pemula meresepsi negosiasi dengan latar belakang mahasiswa aktif yang tergabung di organisasi ekstra kampus. Terdapat 2 pemilih pemula dengan latar belakang swing voters atau massa mengambang dan pemilih pemula dari kelas menengah kebawah yang sudah didominasi oleh pengaruh partai lawan dari Prabowo-Gibran. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Personal Branding, Prabowo-Gibran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorClaretta, DyvaNIDN0007016604UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Nur Achmad Haiqal
Date Deposited: 27 May 2024 08:11
Last Modified: 27 May 2024 08:11
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item