Manajemen Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Jombang

Anggraini, Aristyana Vira (2024) Manajemen Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
20041010175-Cover.pdf

Download (774kB)
[img] Text (Bab 1)
20041010175-bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Bab 2)
20041010175-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2026.

Download (350kB)
[img] Text (Bab 3)
20041010175-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2026.

Download (265kB)
[img] Text (Bab 4)
20041010175-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2026.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
20041010175-bab 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20041010175-daftar pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text (Lampiran)
20041010175-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Otonomi daerah menciptakan adanya desentralisasi fiskal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah dengan memungkinkan mereka mengelola potensi mereka sendiri. Salah satu sumber desentralisasi fiskal yang dimanfaatkan untuk mendanai operasional dan upaya peningkatan infrastruktur daerah adalah bersumber dari Pendapatan Asli Daerah atau yang disebut PAD. Pendapatan Asli Daerah (PAD) memegang peranan penting dalam pembiayaan daerah, sehingga diperlukan sistem pengelolaan yang baik untuk mewujudkan penerimaan PAD yang lebih optimal. Selain pajak, komponen PAD dengan penerimaan terbesar adalah retribusi daerah. Namun, penerimaan retribusi daerah Kabupaten Jombang menurun dari tahun 2018 hingga 2022. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan pendapatan yang baik dalam lingkup retribusi, yaitu retribusi jasa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan penerimaan retribusi pelayanan pasar yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan penerimaannya. Fokus penelitian ini adalah prinsip dasar manajemen penerimaan daerah oleh Mahmudi (2020), meliputi (1) perluasan basis penerimaan, (2) pengendalian pendapatan, (3) peningkatan efisiensi administrasi pendapatan, dan (4) transparansi dan akuntabilitas. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) Perluasan Basis Penerimaan, dilakukan dengan mengidentifikasi pembayar retribusi, namun tidak ada upaya menjaring wajib retribusi baru. Evaluasi tarif dilakukan berdasar pada peraturan yang berlaku, peningkatan basis data objek dilakukan melalui intensifikasi dan pendataan secara manual melalui pantau pasar, dan penilaian kembali atas objek retribusi dilakukan secara manual untuk mendapatkan data terbaru terkait kondisi objek retribusi, dan kesesuaian tarif yang dibayarkan pedagang. 2) Pengendalian pendapatan, dilakukannya audit rutin dan insidental, perbaikan sistem akuntasi penerimaan daerah yang berfokus pada retribusi elektronik, pemberian penghargaan kepada pedagang yang taat akan retribusi belum ada sedangkan sanksi terhadap pedagang yang tidak tertib sudah ada, dan kedisiplinan dan moralitas pegawai sudah baik. 3) Peningkatan efisiensi administrasi pendapatan, dilakukannya prosedur administrasi pendapatan sudah mudah dan sederhana, tidak ada pengurangan biaya pemungutan, dan sudah bekerja sama dengan Bank Jatim untuk penerapan retribusi elektronik. 4) Transparansi dan akuntabilitas, adanya dukungan teknologi informasi yang terintegrasi berupa website inovasi retribusi elektronik dan SIPD (Sistem Informasi Penerimaan Daerah), kompetensi pegawai dalam lingkup retribusi pelayanan pasar sudah memadai karena staff yang terlibat dalam lingkup retribusi sudah mampu mengoperasikan komputer dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya, dan tidak ditemukan adanya tindak korupsi dalam lingkup retribusi pelayanan pasar yang dikelola Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidiyarta, AgusNIDN0708087101aguswidiyarta.adneg@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JA Political science (General) > JA51 Public management
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Aristyana Vira Anggraini
Date Deposited: 22 May 2024 02:03
Last Modified: 22 May 2024 02:03
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22857

Actions (login required)

View Item View Item