LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA TEMATIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA KELURAHAN BENDO, KECAMATAN KEPANJENKIDUL, KOTA BLITAR. KELOMPOK 23

Kisworo, Delia Noor Rizkita and Saputra, Fajerul Dicky and Wirawan, Ardhelia Damayanti and Devianti, Hidayah Nur Imansari and Praditha, Natasya Intan Ayu and Prameswari, Melinda Dwi and Budiningsih, Faridhatul Ismah and Rianto, Rizky and Ariansyah, Junaidi and Cahyono, Hendrik (2023) LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA TEMATIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA KELURAHAN BENDO, KECAMATAN KEPANJENKIDUL, KOTA BLITAR. KELOMPOK 23. Project Report (Praktek Kerja Lapang). -. (Submitted)

[img] Text (COVER)
20012010157-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20012010157-bab1.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
20012010157-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20012010157-bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20012010157-dafpus.pdf

Download (622kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20012010157-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar Jawa Timur selama 3 bulan dimulai pada tanggal 16 Maret 2023 sampai dengan 27 Juni 2023. Kelurahan Bendo merupakan Kelurahan yang dipilih menjadi tujuan KKN. Potensi di Kelurahan Bendo yang melimpah menjadi salah satu tujuan utama pelaksanaan KKN guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengolah dan mengembangkan potensi kelurahan setempat. KKN Kelompok 23 memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pelaksanaan pembangunan masyarakat khususnya pada sektor Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif. Program-program dirancang berurutan mulai dengan diskusi antar kelompok KKN, aparat Kelurahan, serta masyarakat setempat, khususnya yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Terdapat program utama dan program pendukung dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 23. Program utama kelompok KKN 139 yaitu survey UMKM, pendampingan UMKM Mbah Bendo Koi Farm, pendampigan UMKM Jahe Merah Instant “Bima Sakti”, pendampingan UMKM Kerupuk Kedelai “Berkah”, kegiatan KKN Mengajar di SDN Bendo 1 dan SDN Bendo 2, pengurusan legalitas usaha (NIB), pembuatan TTG Hidroponik, sosialisasi personal branding pada UMKM, dan sosialisasi digital marketing, kemudian untuk program pendukungnya yaitu program RT keren, Pembagian Beras Kesejahteraan Daerah (Rastrada), Blitar Djadoel, serta penilaian Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi. Beberapa serangkaian pelaksanaan kegiatan KKN Tematik 2023 diantaranya yaitu survey, penyusunan program, pelaksanaan program, hingga pelaporan dan luaran. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN dengan mitra diantaranya yaitu rebranding kemasan, rebranding logo, foto produk, pembuatan akun promosi melalui media online atau digital marketing, pembuatan NIB, dan pembuatan TTG Hidroponik. Dengan diselenggarakannya seluruh kegiatan pendampingan terhadap masyarakat Kelurahan Bendo diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dari para pelaku usaha maupun masyarakat setempat sehingga dapat semakin berkembang dan mencapai kesuksesan.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Delia Noor Rizkita Kisworo
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:55
Last Modified: 22 Jul 2024 03:55
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item View Item