REPRESENTASI PERAN SUAMI DALAM IKLAN RAMAYANA (Analisis Semiotika Pada Iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta”)

CELLONA, RAHEL CLAUDEA (2019) REPRESENTASI PERAN SUAMI DALAM IKLAN RAMAYANA (Analisis Semiotika Pada Iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta”). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRIPSI FIX (1)-1-13.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI FIX (1)-14-22.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
SKRIPSI FIX (1)-23-50.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI FIX (1)-51-62.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text (BAB 4)
SKRIPSI FIX (1)-63-89.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
SKRIPSI FIX (1)-90-92.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI FIX (1)-93-96.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI FIX (1)-97-99.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Fokus riset ini ialah hendak mengeksplorasi peran suami dalam iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta”, identitas pria dalam iklan tersebut digambarkan berbeda dari tampilan pria dalam iklan lain. Seringkali kita temui gambaran pria dengan kegiatan yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki. Seperti olahragawan, petinju, sepakbola, berlari atau balap motor/mobil dll. Iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta” memberi gambaran baru mengenai gambaran peran gender pria, bahwasannya pria tidak hanya digambarkan dari fisiknya tetapi dengan kegiatan yang ia lakukan. Laki-laki pada umumnya mewarisi sifat maskulin, namun pandangan terhadap sifat maskulin tersebut sudah menjadi sebuah budaya, jadi terciptalah pergeseran peran gender. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik John Fiske untuk mengupas pesan yang tersembunyi didalam iklan. Dari hasil analisis berdasarkan rumusan masalah, ditemukan gambaran peran pria pada iklan, menampilkan pesan bahwa peran pria digambarkan mendominasi dalam kegiatan domestik pada kegiatan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak yang menurut pandangan masyarakat bahwa kegiatan domestik merupakan wilayah peran wanita. Hasil dari penelitin ini dapat disimpulkan bahwa representasi peran suami dalam iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta” adalah ingin mengubah tatanan gender yang selama ini ada dan ingin menampilkan tatanan gender yang berbeda. Untuk membentuk persepsi di masyarakat bahwa pria mampu untuk melakukan peran wanita sehingga seharusanya untuk melakukan pekerjaan mengurus rumahtangga adalah pekerjaan yang bisa dilakukan bersama-sama antara wanita dan pria karena pria dianggap sebenarnya mampu untuk melakukan pekerjaan itu. Keywords: Gender, budaya, masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUKSMAWATI, HERLINANIDN0025126407UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and Symbols
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:41
Last Modified: 30 Jun 2021 07:43
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item