ANALISIS DAN PEMETAAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX PADA RUAS JALAN RAYA KEBONAGUNG – JALAN RAYA PEPEN KABUPATEN MALANG

Badghey, Achmad Chullbuddin (2024) ANALISIS DAN PEMETAAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX PADA RUAS JALAN RAYA KEBONAGUNG – JALAN RAYA PEPEN KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Universita Pembangunan Nasional " Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
19035010117_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
19035010117_Bab 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text (Bab 2)
19035010117_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (879kB)
[img] Text (Bab 3)
19035010117_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (370kB)
[img] Text (Bab 4)
19035010117_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
19035010117_Bab 5.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan penghubung, bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Dengan meningkatnya populasi penduduk dan mengakibatkan peningkatan volume lalu lintas yang dapat mempengaruhi kondisi konstruksi permukaan jalan kota tersebut. Pada ruas jalan raya Kebonagung – jalan raya Pepen merupakan jalan utama yang mengalami penurunan kualitas jalan. Berdasarkan pengamatan dilapangan dinyatakan bahwa metode SDI dapat digunakan dalam menentukan kondisi permukaan jalan pada ruas jalan raya kebonagung – jalan raya pepen. Surface Distress Index adalah skala kinerja jalan yang diperoleh dari hasil pengamatan secara visual terhadap kerusakan jalan yang terjadi di lapangan. Metode SDI merupakan metode yang menghasilkan data nilai SDI yang diperoleh dari besar persentase luas retak, lebar retak, jumlah lubang per 500 m, dan kedalaman alur bekas roda dengan digolongkan sesuai pada tabel standar nilai SDI. Dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan kajian tentang analisis kerusakan jalan menggunakan metode SDI yang kemudian dilakukan pemetaan dari kondisi kerusakan jalan menggunakan bantuan Sistem Informasi Geografis. Analisis data penelitian dilakukan pada tahun 2023, Jenis kerusakan yang terdapat pada lokasi penelitian antara lain retak kotak – kotak, retak memanjang, retak kulit buaya, retak pinggir, lubang, bekas roda (alur), kerusakan tambalan, kerusakan sungkur, dan kerusakan amblas. Hasil persentase nilai kerusakan jalan berdasarkan metode SDI untuk luas kerusakan sebesar 1,66% retak kotak – kotak, 2,81% retak memanjang, 3,14% retak kulit buaya, 2,27% retak pinggir, 0,23% lubang, 2,87% bekas roda (alur), 2,03% kerusakan tambalan, 3,65% kerusakan sungkur, dan 0,22% kerusakan amblas. Besar nilai kondisi dengan metode pada ruas Jalan Raya Kebonagung – Jalan Raya Pepen adalah menunjukkan kondisi baik karena menghasilkan nilai SDI < 50 dengan rata-rata nilai SDI 10 - 35. Seluruh hasil nilai kerusakan jalan berdasarkan metode SDI diproses menggunakan sistem informasi geografis untuk mengasilkan peta tematik nilai kerusakan pada ruas Jalan Raya Kebonagung – Jalan Raya Pepen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWibisana, HendrataNIDN19651208 199103 1 001UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Achmad Chullbuddin Badghey
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:23
Last Modified: 19 Apr 2024 07:23
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item