PERBANDINGAN METODE GREENSHIELDS DAN GREENBERG TERHADAP HUBUNGAN VOLUME, KEPADATAN, DAN KECEPATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DIPONEGORO SURABAYA

Dwicahyo, Nova Aqshal (2024) PERBANDINGAN METODE GREENSHIELDS DAN GREENBERG TERHADAP HUBUNGAN VOLUME, KEPADATAN, DAN KECEPATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DIPONEGORO SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img] Text (Cover)
19035010077_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
19035010077_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
19035010077_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
19035010077_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
19035010077_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
19035010077_Bab 5.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19035010077_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text (Lampiran)
19035010077_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Jalan Diponegoro merupakan salah satu jalan Nasional dikota Surabaya yang termasuk dalam kelas jalan kolektor dengan tipe lajur 6/2 D. Jalan Diponegoro merupakan jalan utama penghubung pusat aktivitas, seperti aktivitas pendidikan, perekonomian, bisnis, dan lain – lain yang menyebabkan volume lalu lintas semakin besar sehingga mengakibatkan kinerja ruas jalan menjadi berkurang, disebabkan adanya pergerakan kendaraan yang akan menuju ke Sidoarjo pada saat jam-jam puncak dan akan menambah volume lalu lintas. Dalam penelitian ini, dianalisis hubungan antara ketiga komponen utama arus lalu lintas yakni volume (Q), kecepatan (V) dan kepadatan (D) dalam dua metode, yaitu Model Greenshields dan Model Greenberg. Proses pengambilan data dimulai pada hari Senin 22 Mei 2023 dari jam 06.00 hingga 18.00 pada jalan Diponegoro Surabaya, data yang di ambil adalah jumlah kendaraan yang melintas dan kecepatan kendaraan. Dari hasil penelitian dan analisis data arus lalu lintas, model yang paling baik jika ditinjau dari nilai R2 (koefisien determinasi) rata rata yang dihasilkan dari kedua metode yaitu 0,650 untuk metode Greenshields dan 0,646 untuk metode Greenberg, maka metode Greenshields lebih unggul sedikit. Setelah didapatkan nilai variabel karakteristik lalu lintas yang diperoleh dengan metode greenshields dan metode greenberg, kemudian dilakukan pemetaan dengan bantuan perangkat lunak ArcGis 10.3.1. Hasil yang diperoleh berupa peta tematik karakteristik lalu lintas ruas Jalan Diponegoro Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWibisana, HendrataNIDN0708126501UNSPECIFIED
Thesis advisorEstikhamah, FithriNIDN0014068404UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: dwicahyo aqshal nova
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:19
Last Modified: 19 Apr 2024 07:19
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item