SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN FASILITAS DRILLDOWN DAN ANALISIS WHAT-IF DI UPA PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

Setyawan, Feby Dwiputra (2024) SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN FASILITAS DRILLDOWN DAN ANALISIS WHAT-IF DI UPA PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2027.

Download (252kB)
[img] Text (Bab 3)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2027.

Download (208kB)
[img] Text (Bab 4)
bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2027.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftarPustaka.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap instansi atau perusahaan perlu melakukan perubahan di bidang teknologi informasi agar dapat memberikan peluang untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya di masa depan. Penggunaan teknologi memiliki dampak bagi kegiatan operasional suatu instansi atau perusahaan. Hingga saat ini UPA Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur belum memiliki sebuah sistem yang dapat menyampaikan informasi dengan merepresentasikan informasi transaksi dan kunjungan perpustakaan secara interaktif dalam bentuk grafik untuk membantu pihak eksekutif dalam melakukan analisis dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kemajuan perpustakaan. Dengan temuan masalah diatas, Website Sistem Informasi Eksekutif untuk UPA Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada. Dibangunnya sistem ini diharapkan mampu membantu pihak eksekutif UPA Perpustakaan yang kesulitan dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan kemajuan perpustakaan. Penelitian ini mengimplementasikan metode pengembangan sistem Waterfall Model. Pemodelan sistem dilakukan dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan UML. Dalam membangun sistem, penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan pengujian menggunakan metode black-box testing. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini merupakan sebuah website Sistem Informasi Eksekutif untuk UPA Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dengan fitur drilldown dan analisis what-if. Adapun fitur sebagai berikut, drilldown¬ merupakan fitur untuk memfasilitasi klasifikasi informasi ketingkat yang lebih detail memanfaatkan data kunjungan, transaksi peminjaman, pengembalian dan perpanjangan sedangkan what-if analysis simulasi ketidakpastian yang dapat melakukan kalkulasi peminjaman buku pada periode tahun tertentu sebagai pertimbangan penambahan eksemplar buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutra, Agung BrastamaNIDN0024118503agungbp.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN0020039104Seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Feby Dwiputra Setyawan
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:54
Last Modified: 23 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20522

Actions (login required)

View Item View Item