AUDIT SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 4.1 PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR

Arief, Muhammad Rendy (2018) AUDIT SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 4.1 PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
Laporan Skripsi-1-15.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Laporan Skripsi-16-28.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Laporan Skripsi-29-83.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
Laporan Skripsi-84-92.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text (BAB 4)
Laporan Skripsi-93-154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Laporan Skripsi-155-156.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Laporan Skripsi-157-159.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Laporan Skripsi-160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi brand image di bidang komunikasi dan informatika bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam upaya menyebarluaskan informasi, mendukung pemenuhan kebutuhan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan SKPD dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan operasional dan layanan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini dinilai sudah cukup efektif dan efisien, namun dalam praktiknya masih terdapat beberapa sasaran strategis yang belum tercapai. Hal ini disebabkan oleh isu dan permasalahan yang sedang dihadapi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini. Isu dan permasalahan tersebut antara lain adalah rendahnya tingkat awareness mengenai pentingnya menjaga keamanan dalam penggunaan sistem dan teknologi informasi oleh sumber daya manusia serta terjadinya kesenjangan (gap) dalam penggunaan sistem dan teknologi informasi pada kegiatan operasional dan layanan di antara sumber daya manusia dengan sumber daya teknologi informasi. Oleh sebab itu diperlukan audit sistem dan teknologi informasi untuk menyelesaikan isu dan permasalahan tersebut dengan menggunakan COBIT 4.1. Adapun pemfokusan IT processes terpilih yang digunakan dalam audit sistem dan teknologi berdasarkan hasil pemetaan ruang lingkup melalui perspektif kinerja balanced scorecard antara lain adalah PO2, PO3, PO6, PO7, AI2, AI3, AI4, AI5, AI7, DS7 dan DS8. Hasil dari keseluruhan rangkaian kegiatan audit sistem dan teknologi informasi antara lain adalah menghasilkan suatu nilai akhir pada maturity level sebesar 3.91 yang berarti masuk ke dalam tingkatan atau kategori defined. Adapun nilai akhir pada maturity level diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata nilai maturity level pada perspektif-perspektif terkait. Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengacu kepada kebijakan dan prosedur yang tersedia dalam pelaksanaan kegiatan operasional dan layanan terkait, namun belum secara keseluruhan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh COBIT 4.1. Audit sistem dan teknologi informasi juga menghasilkan suatu rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan sebagai proses perbaikan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAditiawan, Firza PrimaNIDN6690708UNSPECIFIED
Thesis advisorMuttaqin, FaisalNIDN6023373UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:50
Last Modified: 07 Mar 2024 01:50
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20507

Actions (login required)

View Item View Item