GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN DALAM BISNIS BIG HIT ENTERTAINMENT SECARA GLOBAL: STUDI KASUS ALBUM BTS MAP OF THE SOUL:7 (2020)

Nurhalimah, Dita (2024) GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN DALAM BISNIS BIG HIT ENTERTAINMENT SECARA GLOBAL: STUDI KASUS ALBUM BTS MAP OF THE SOUL:7 (2020). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
20044010134.-cover.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
20044010134.- bab 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
20044010134. -bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
20044010134. -bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
20044010134. -bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (309kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
20044010134. -bab5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20044010134. -daftarpustaka.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Big Hit Entertainment merupakan salah satu perusahaan hiburan di Korea Selatan yang menaungi grup dari Korea Selatan bernama Bangtan Boys (BTS). Big Hit Entertainment mendebutkan boy group BTS pada tahun 2013. Dalam industri musik global yang dinamis dan terus berkembang, BTS telah menjadi fenomena budaya global. Album Map Of The Soul: 7 yang dirilis pada bulan Februari 2020 telah menduduki peringkat pertama dalam penjualan albumnya dan menjadi album pertama pada tahun 2020 yang telah menjual lebih dari 500.000 copy di US. Penelitian ini akan membahas mengenai ekspansi dalam produksi musik album Map of the Soul:7 yang mencakup pada proses kreasi, produksi, distribusi, eksibisi, dan faktor pendukung lainnya untuk memenuhi permintaan global pada industri musik dan keterkaitannya untuk mencapai pasar musik global. Pada kolaborasi yang dilakukan oleh Big Hit Entertainment ini, peneliti melihat adanya unsur Global Music Value Chain dalam pembuatan album yang dilakukan oleh boy grup BTS sebagai salah satu strategi meraih potensi maksimal pangsa pasar global. Pada penelitian ini penulis akan membahas mengenai produksi album dari boy grup naungan Big Hit Entertainment, yaitu BTS dengan menggunakan konsep Global Music Value Chain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurbantina, Adiasri PutriNIDN0020028601adiasri.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410 Marketing. Distribution of Products
J Political Science > JZ International relations
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Dita Nurhalimah
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:24
Last Modified: 17 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item