KARAKTERISTIK KIMIA DAN SENYAWA FITOKIMIA TEPUNG UMBI BIT (Beta Vulgaris L. Var. Rubra L) PADA SUHU DAN LAMA PENGERINGAN YANG BERBEDA

APRILIA, RINA (2024) KARAKTERISTIK KIMIA DAN SENYAWA FITOKIMIA TEPUNG UMBI BIT (Beta Vulgaris L. Var. Rubra L) PADA SUHU DAN LAMA PENGERINGAN YANG BERBEDA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan umbi bit di Indonesia masih sangat terbatas yaitu dibuat jus atau direbus. Umbi ini dipercaya sebagai sumber kesehatan dari berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya yaitu, vitamin, antioksidan, serta karbohidrat. Melihat kandungan gizinya yang cukup lengkap dan harganya yang relatif murah, maka umbi bit merupakan sumber gizi yang sangat potensial untuk dikembangkan, sehingga perlu diolah menjadi suatu produk yang lebih tahan lama disimpan dan praktis seperti tepung. Pada penelitian ini dilakukan proses lebih lanjut pada umbi bit pasca panen yaitu dijadikan produk setengah jadi berupa tepung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu pengeringan terhadap kualitas tepung umbi bit dan mengetahui perlakuan terbaik dari pengaruh suhu dan waktu pengeringan terhadap tepung umbi bit yang bermutu tinggi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada faktorial dengan dua faktor yaitu faktor suhu pengeringan (50oC, 60oC, dan 70oC) dan faktor waktu pengeringan (6, 7, dan 8 jam) selanjutnya dilakukan analisis ragam, bila terdapat perbedaan maka dilakukan uji lanjut yaitu uji duncan. Hasil penelitian menujukkan perlakuan terbaik didapatkan pada perlakuan suhu pengeringan sebesar 50oC dan waktu pengeringan selama 6 jam didapatkan nilai rendemen13,53%, kadar air 12,61%, kadar abu 2,65%, kadar lemak 0,73%, kadar protein 11,16%, kadar karbohidrat by difference 72,85%, kadar antioksidan 69,80%, kadar antosianin 69,81%, kadar Vitamin C 31,92 mg/100gram, kadar vitamin A 6,42 mg/100gram, Intensitas warna L 15,825, a* 7,82, b* 2,78 dan tepung umbi bit mengandung golongan senyawa kimia yaitu flavonoid, triterpenoid, dan saponin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSarofa, Ir. UlyaNIDNUNSPECIFIED
Thesis advisorJariyah, Dr. DraNIDNUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TP Chemical technology > TP368 Food processing and manufacture
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Food Engineering
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:24
Last Modified: 08 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item View Item