PENGUJIAN BLACK BOX PADA SISTEM PELAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE BOUNDARY VALUE ANALYSIS DAN CAUSE EFFECT GRAPH (STUDI KASUS DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN JOMBANG)

Selviana, Eka Zuni Selviana (2023) PENGUJIAN BLACK BOX PADA SISTEM PELAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE BOUNDARY VALUE ANALYSIS DAN CAUSE EFFECT GRAPH (STUDI KASUS DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN JOMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.

Download (394kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.

Download (4MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.

Download (1MB)

Abstract

Sistem informasi pelayanan masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Jombang merupakan sistem informasi yang digunakan sebagai media informasi akurat dan interaktif dengan masyarakat dan telah terintegrasi dengan sistem pengelolaan dana desa. Oleh karena itu, diperlukan penjagaan terhadap kualitas sistem dengan dilakukan pengujian terhadap sistem untuk memastikan apakah sistem tersebut telah berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan oleh instansi dan menemukan kekurangan pada sistem agar dapat diperbaiki sehingga fungsionalitas sistem berjalan lebih optimal. Pengujian berfokus pada fungsionalitas dan kinerja dari sisten menggunakan Black Box Testing dengan metode Bodary Value Analysis dan Cause Effect Graph. Berdasarkan hasil pengujian, penggunaan Cause Effect Graph pada sistem informasi pelayanan masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Jombang lebih dominan untuk menguji pada fitur entri data, dan fitur berupa tombol. Sedangkan untuk Boundary Value Analysis lebih dominan dalam menguji fitur yang memiliki range seperti inputan nama atau judul, inputan caption, dan inputan pesan aduan serta diperoleh nilai efektivitas sebesar 77,86% yang termasuk kategori cukup efektif dan masih perlu dilakukan perbaikan serta pengembangan sistem agar dapat mencapai nilai efektivitas maksimal sehingga fungsionalitas berjalan lebih optimal. Hasil akhir terhadap pengujian adalah mengetahui nilai efektivitas dari hasil skenario pengujian, rekomendasi perbaikan, serta perancangan perbaikan yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahanani, Henni EndahNIDN0022097811henniendah.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorAditiawan, Firza PrimaNIDN0023058605firzaprima.if@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Eka zuni selviana
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:26
Last Modified: 20 Nov 2023 08:26
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item