PENERAPAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM PERJANJIAN PEMBERIAN KREDIT DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) TAMAN ARTHA KENCANA SIDOARJO

LESTARI, SUCI SRI (2023) PENERAPAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM PERJANJIAN PEMBERIAN KREDIT DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) TAMAN ARTHA KENCANA SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_COVER)
COVER SUCI.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_BAB I)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-14-85.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_BAB II)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-86-107.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2025.

Download (239kB)
[img] Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_BAB III)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-108-127.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2025.

Download (562kB)
[img]
Preview
Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_BAB IV)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-128-131.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_DAFTAR PUSTAKA)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-132-138.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (SUCI SRI LESTARI_17071010087_LAMPIRAN)
skripsi suci sri lestari fh upn 17071010087-139-152.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2025.

Download (4MB)

Abstract

Dalam hukum perdata asas itikad baik merupakan suatu aturan yang terdapat dalam perjanjian, baik perjanjian antara individu dengan individu atau individu dengan badan hukum. Sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 1338 ayat (3) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (selanjutnya disebut KUHPerdata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan asas itikad baik dalam perjanjian pemberian kredit dan akibat hukum jika debitur dalam perjanjian kredit di PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Taman Artha Kencana Sidoarjo tidak menerapkan asas itikad baik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, untuk dapat memberikan gambaran secara jelas atas permasalahan yang ada yang akhirnya dinyatakan dalam bentuk deskriptif analisis. Hasil penelitian didapatkan bahwa Bentuk pelaksanaan Asas itikad baik pihak kreditur dan pihak debitur dalam perjanjian kredit tertuang pada saat melaksanakan kewajiban melalui 3 tahapan kontrak yaitu tahap pra kontrak, tahap kontrak serta tahap pasca kontrak. Pelaksanaan perjanjian kredit telah memenuhi asas itikad baik sebelum dilaksanakannya perjanjian kredit. Penyebab terpenuhi atau tidak terpenuhinya asas itikad baik dalam pelaksanaan perjanjian kredit yaitu mulai dari tahap awal perjanjian, pencairan dana serta pembayaran cicilan kredit terpenuhi. Upaya pihak bank dalam hal debitur tidak beritikad baik adalah menyampaikan surat peringatan pertama 15 hari setelah satu bulan menunggak dan selanjutnya jika tidak ditenggarai juga dilanjutkan surat peringatan kedua 15 hari setelah surat peringatan pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDFITRIYAH, MAS ANIENDA TIENNIDN0725097702masanienda.ih@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Suci Sri Lestari
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:33
Last Modified: 27 Sep 2023 09:33
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18240

Actions (login required)

View Item View Item