SRIYADI, BRYAN DAFFA (2022) PELAKSANAAN PENYELESAIAN WANPRESTASI DEBITUR YANG GAGAL BAYAR PADA KREDIT UMUM AKIBAT COVID-19 TAHUN 2020- 2021 DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BABB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (222kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (168kB) |
||
|
Text
BAB IV.docx.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tentu telah menimbulkan dampak buruk di bidang perekenomian. Debitur yang sedang kredit di sebuah bank, termasuk kredit umum pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga ditemui banyak mengalami kesulitan. Debitur yang mengalami permaslaahan dalam kredit tersebut tak jarang ditemui pada akhirnya mengalami gagal bayar hingga wanprestasi. Pelaksanaan penyelesaian wanprestasi terhadap debitur yang mengalami gagal bayar pada kegiatan kredit umum dengan demikian perlu di gali. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan tersebut sekaligus upaya yang dilakukan dalam hal menghadapi hambatan tersebut patut di gali guna mengetahui efektivitas pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan ialah yuridis empiris, dengan pendekatan kualitatif melakukaan studi lapangan di PT. BPR Jombang. Data primer dan data sekunder di gunakan, dengan metode analisisnya ialah deskriptif analitis. Hasil penelitian di dapati bahwa pelaksanaan penyelesaian wanprestasi terhadap debitur gagal bayar pada kredit umum di PT. BPR Jombang ialah di awali dengan debitur yang dapat mengajukan restrukturisasi. Debitur apabila tidak memiliki itikad baik, maka PT. BPR Jombang akan memberikan surat peringatan hingga 3 (tiga) kali bahkan dapat dilanjutkan penyelesaiannya secara non litigasi maupu litigasi. Hal tersebut sekaligus upaya yang dilakukan ketika menghadapi debitur yang tidak beritikad baik sebagai hambatan dalam pelaksanaan wanprestasi. PT. BPR Jombang baiknya menggencarkan kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat dan debitur sendiri harus lebih berhati-hati ketika memutuskan untuk mengajukan kredit. Kata Kunci: Wanprestasi, Kredit Umum, Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law > Departement of Law | ||||||||
Depositing User: | bryan daffa sriyadi | ||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2022 09:26 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2022 09:26 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/9782 |
Actions (login required)
View Item |