ANALISA PENENTUAN RUTE PUPUK ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX PADA PT. XYZ SURABAYA

ANGGRAENI, ALFITRI DILLA (2020) ANALISA PENENTUAN RUTE PUPUK ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX PADA PT. XYZ SURABAYA. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Distribusi dan transportasi yang baik merupakan hal penting agar produk dapat dikirim sampai ke konsumen secara tepat waktu, tepat pada tempat yang telah dilakukan dan produk dalam kondisi baik. Keputusan penentuan jadwal serta rute pengiriman menjadi sesuatu yang penting dalam rangka meminimumkan biaya pengiriman, meminimumkan waktu atau jarak tempuh. PT. Kertopaten Kencana mendistribusikan pupuk organik kepada pelanggan hanya untuk kabupaten Malang. Beberapa permasalahan yang ada di PT. Kertopaten Kencana antara lain lokasi pelanggan yang tersebar jaraknya bervariatif dan jumlah permintaan yang berbeda tidak mengimbangi dengan tersedianya jumlah kendaraan serta kapasitas truk yang mencukupi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatur rute serta menentukan kapasitas dan jumlah kendaraan truk yang mampu meminimalkan jarak tempuh, lama perjalanan dan biaya transportasi dapat digunakan metode saving matrix untuk menangani masalah penentuan rute berdasarkan kapasitas kendaraan. Hasil penelitian menggunakan metode saving matrix di PT. Kertopaten Kencana Surabaya bahwa terdapat 5 rute awal yang muncul dan terdapat 3 rute usulan dengan total jarak adalah 797,02 km dan total jarak awal dari perusahaan adalah 1211,1 km, maka didapatkan total penghematan jarak sebesar 414,08 km atau dengan presentase penghematan jarak sebesar 34,19%. serta total biaya sebesar Rp. 209.885.568,- per tahun dengan biaya rute awal yang sebesar Rp. 307.211.520,- per tahun, maka didapatkan selisih biaya sebesar Rp. 97.325.952,- dan presentase penghematan biaya sebesar 31,68% per tahun. Jadi dari hasil yang diperoleh, maka metode saving matrix dapat diterapkan dalam penentuan rute optimal dalam pendistribusian, sehingga bisa didapatkan biaya yang minimum. Kata Kunci : Saving Matrix, Biaya Distribusi, Rute Distribusi, Jarak Distribusi, Kapasitas Kendaraan

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRUSINDIYANTO, RUSINDIYANTONIDN0725026501UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2020 02:37
Last Modified: 26 Nov 2020 02:37
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item