SANDY, MOCH HASAN A (2022) ANALISA KEPADATAN LALU LINTAS DI TINJAU DARI NILAI TEMPERATUR PERMUKAAN TANAH BERBASIS CITRA SATELIT STUDI KASUS SURABAYA - GRESIK. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.
|
Text (COVER)
COVER-merged.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 111.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 222.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (672kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (450kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (201kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (293kB) |
Abstract
Jawa timur adalah salah satu provinsi besar di Indonesia. Jawa timur memiliki kotakota besar yang padat akan kendaraan seperti Surabaya - gresik. Seiring padatnya kendaraan yang melintas di kota-kota tersebut akan berpengaruh terhadap suhu temperature permukaan tanah jalan tersebut. Pada studi ini dilakukan analisa hubungan antara faktor derajat kejenuhan jalan yang ditinjau dari nilai temperatur permukaan tanah di ruas Jalan Arteri kota Surabaya - Gresik dilakukan pada jam sibuk pagi (06.00-09.00) serta jam sibuk sore (15.00-18.00). Studi ini bertujuan untuk menganalisa perubahan temperatur permukaan tanah akibat kepadatan jalan. Menghitung nilai Kapasitas (C) dengan menggunakan rumus C = Co x FCw x FCsp x FCsf x FCcs. Dari hasil perhitungan nilai Kapasitas (C) dan perhitungan Q total dengan menggunakan rumus Q = QLV + (QHV x EMPHV) + (QMC x EMPMC) maka didapat nilai Derajat Kejenuhan (DS) yang menggambarkan layak tidaknya jalan tersebut digunakan dengan efektif. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis digunakan sebagai sarana pendukung yang dapat mengoptimalkan sistem kerja. Sistem Informasi Geografis menyajikan data secara lebih efisien dan menampilkannya ke dalam bentuk peta digital, salah satunya mengunakan metode Citra Satelit (Landsat 8). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Derajat Kejenuhan tertinggi terdapat di segmen V jalan Tambak Osowilangon sebesar 0.80 dan Derajat kejenuhan terendah terdapat di segemen I jalan Tandes Lor sebesar 0.34. Berdasarkan uji-t data SPT insitu dan data SPT Citra Satelit didapat nilai -0.358575498<2.776445115 sehingga H0 diterima, pada penelitian ini ditunjukan bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel dikarenakan adanya berupa gangguan yang terjadi pada saat satelit melakukan pencitraan pada titik yang diteliti seperti adanya awan yang menghalangi lensa satelit landsat,dan hasil dari uji-t data Derajat Kejenuhan dan data SPT insitu didapat nilai -22.3121959 < 2.570581836 sehingga H0 diterima karena dianggap tidak ada perbedaan/tidak ada perubahan, hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadikan tidak ada perbedaan yaitu diantaranya waktu pengukuran suhu berada dibahu jalan/pinggiran jalan dan tidak adanya pengukuran suhu awal dan suhu akhir sehingga hasil Uji-T tidak ada perbedaan/tidak ada perubahan. Berdasarkan hasil korelasi di masing-masing ruas jalan antara Derajat Kejenuhan dengan SPT insitu didapatkan hasil terbesar 0.72. Kata kunci : Citra Satelit,Kepadatan Jalan,Temperatur Tanah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2022 04:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Feb 2022 04:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5064 |
Actions (login required)
View Item |