Ali, VINDY CHOIROTUN NISA (2022) ANALISA METODE PERCEPATAN PELAKSANAAN PROYEK OVERPASS BERDASARKAN LINTASAN KRITIS. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2024. Download (437kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2024. Download (294kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2024. Download (2MB) |
||
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2024. Download (3kB) |
Abstract
Besarnya pembangunan untuk menunjang aksesbilitas masyarakat salah satunya adalah pembangunan Infrastruktur Underpass-Overpass Bundaran Satelit Mayjen Sungkono di kota Surabaya. Penelitian ini meninjau jalannya pembangunan Overpass Bundaran Satelit yang pembangunan banyak sekali dampak yang seharusnya dilakukan percepatan untuk meminimalisir munculnya dampak lain. Melihat kondisi tersebut, perlu perencanaan untuk melakukan percepatan pelaksanaan durasi proyek terfokus pada pekerjaan yang berada di Lintasan Kritis. Penelitian ini bertujuan melakukan efisiensi dari segi biaya yang dilihat dari kegiatan kritis, melakukan efisiensi waktu yang dilihat dari kegiatan kritis dan mepercepat waktu pekerjaan yang berda di lintasan krtis. Dan percepatan proyek dilakukan dengan alternatif penambahan jam kerja (lembur). Pengumpulan data sekunder diperoleh dari perusahaan pelaksana (kontraktor) dan data kondisi riil proyek berupa gambar DED. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi sekitar proyek overpass dan jumlah tenaga kerja pada setiap pekerjaan di lapangan. Sementara itu, menganalisa perhitungan bobot pada setiap pekerjaan overpass serta menganalisa pekerjaan dengan metode lintasan kritis atau critical path method (CPM) guna mengetahui pekerjaan yang digambarakan diagram AOA ada beberapa perkerjaan overpass yang berada sepanjang di lintasan kritis. Hasil kritis tersebut, perhitungan tiap pekerjaan yang tidak memiliki float menunjukan bahwa pekerjaan berada di lintasan kritis. Selanjutnya dilakukan metode crashing percepatan durasi pekerjaan di lintasan kritis dengan alternatif penambahan jam kerja (lembur) dua jam, hasil tersebut menunjukan delapan kali proses crashing secara bertahap dari cost slope terendah hingga tertinggi. Hasil proses crashing dengan diagram AOA diperbarui dapat mereduksi waktu (durasi) lebih dari 21,7% dari durasi normal proyek. Selanjutnya menganalisa total biaya crashing terus dilakukan hingga dihasilkan biaya yang paling optimum. Hasil analisa biaya crashing dapat mereduksi biaya lebih dari 0,69% dari biaya normal proyek. Percepatan pelaksanaan proyek berdasarkan lintasan kritis dapat mereduksi biaya dan waktu (durasi). Berdasarkan hasil tersebut telah selaras dengan hipotesa dalam penelitian ini. Kata Kunci : Crashing, dan Critical Path Method (CPM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
View Item |