ALMADHANY, MUHAMMAD (2021) Pemodelan Kebisingan Lalu Lintas Berdasarkan Volume Lalu Lintas Menggunakan Multiple Linear Regression Di Jalan Kedung Cowek Surabaya. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
2.pdf Restricted to Registered users only until 10 December 2023. Download (437kB) |
||
Text (BAB 3)
3.pdf Restricted to Registered users only until 10 December 2023. Download (1MB) |
||
Text (BAB 4)
4.pdf Restricted to Registered users only until 10 December 2023. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 10 December 2023. Download (3MB) |
Abstract
Jalan Kedung Cowek merupakan akses utama menuju Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura, sehingga mempunyai volume lalu lintas tinggi yang menyebabkan kebisingan lalu lintas. Maka perlu adanya model kebisingan lalu lintas yang dapat memprediksi kebisingan lalu lintas untuk memudahkan dalam upaya pengontrolan kebisingan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume lalu lintas terhadap kebisingan lalu lintas, dan memperoleh model kebisingan lalu lintas berdasarkan volume lalu lintas setiap jenis kendaraan. Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan survei langsung di Jalan Kedung Cowek yang dibagi menjadi sisi Surabaya – Madura dan sisi Madura - Surabaya untuk memperoleh data tingkat kebisingan dan volume lalu lintas. Analisis data untuk pengaruh volume lalu lintas terhadap kebisingan lalu lintas menggunakan metode Simple Linear Regression, sedangkan untuk pemodelan kebisingan lalu lintas menggunakan Multiple Linear Regression dengan bantuan software Minitab versi 19. Kedua sisi Jalan Kedung Cowek, volume lalu lintas setiap jenis kendaraan memiliki pengaruh yang berbeda – beda terhadap kebisingan lalu lintas. Dimana yang paling berpengaruh signifikan terhadap kebisingan lalu lintas untuk kedua sisi adalah volume sepeda motor (MC), dengan kontribusi pengaruh sebesar 58,2 % untuk sisi Surabaya – Madura dan sebesar 44% untuk sisi Madura – Surabaya. Model kebisingan lalu lintas pada Jalan Kedung Cowek sisi Surabaya - Madura yang diperoleh yaitu LEQ = 71,292 + 0,001811 MC + 0,00487 LV – 0,0078 HV dengan nilai R2 (R-Square) sebesar 0,5940 dan sisi Madura – Surabaya yaitu LEQ = 73,874 + 0,003265 MC - 0,00234 LV – 0,0133 HV dengan nilai R2 (R-Square) sebesar 0,4904. Kedua model tersebut masih kurang baik, dikarenakan banyaknya kendaraan yang memakai knalpot tidak standar yang menyebabkan tingkat kebisingan menjadi lebih tinggi. Kata Kunci : Kebisingan Lalu Lintas, Volume Lalu Lintas, Multiple Linear Regression
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Environmental Engineering | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2021 02:18 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2021 02:18 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3500 |
Actions (login required)
View Item |