PENERAPAN COOL JAPAN STRATEGY OLEH PEMERINTAH JEPANG PADA INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA TAHUN 2012

FAHMI, MOCH. FARIZ (2021) PENERAPAN COOL JAPAN STRATEGY OLEH PEMERINTAH JEPANG PADA INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA TAHUN 2012. Other thesis, UPN Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
4.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pasca Perang Dunia Kedua, Jepang mengalami krisis pada perekonomiannya, serta Jepang di mata internasional memiliki citra yang buruk karena Jepang menjadi penyebab kekacauan dan melakukan penjajahan saat Perang Dunia Kedua. Tidak hanya itu, Jepang mengalami krisis ekonomi kembali yang terjadi pada tahun 1990-an dan Jepang mengalami bencana gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011. Dalam penyelesaian permasalahan tersebut, Jepang memanfaatkan kultur populer yang dimilikinya sebagai upaya dalam perbaikan perekonomian dan citra Jepang di ranah internasional. Jepang memiliki kekayaan akan kultural yang melimpah sehingga menjadi keunggulan bagi Jepang dengan memanfaatkannya sebagai salah satu bentuk soft power yang dimiliki oleh Jepang. Sebagai salah satu bentuk soft power, kultur populer Jepang dikembangkan menjadi sebuah industri yaitu industri kreatif, dan kultur populer Jepang dikenal oleh masyarakat di luar negeri dengan istilah “Cool Japan”. Kemudian, kementerian-kementerian Jepang menjadikan Cool Japan sebagai bentuk upaya perbaikan di luar negeri dengan konten populer Jepang, dan sebagai upaya perbaikan ekonomi dengan melakukan ekspansi pasar di luar negeri termasuk Indonesia. Dalam penerapan Cool Japan di Indonesia, Jepang menggunakan diplomasi publik melalui tiga dimensi dalam diplomasi publik yaitu news management, strategic communication, dan relationship buildings. Kata Kunci: Cool Japan, Industri Kreatif, Kultur Populer, Jepang, Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDFIRDAUS, PRAJANIDN0029078803UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:24
Last Modified: 25 Aug 2021 07:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item