PERENCANAAN JALUR GANDA (DOUBLE TRACK) LINTASAN KERETA API PADA EMPLASEMEN STASIUN WONOKROMO – STASIUN SIDOARJO (KM. 7+881 – KM. 25+510 )

DASION, JIMMY JEREMY TANDRA (2021) PERENCANAAN JALUR GANDA (DOUBLE TRACK) LINTASAN KERETA API PADA EMPLASEMEN STASIUN WONOKROMO – STASIUN SIDOARJO (KM. 7+881 – KM. 25+510 ). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (560kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (360kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Menurut Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS), diperkirakan pada tahun 2030 peningkatan perpindahan manusia sejumlah 858,5 juta orang/tahun terjadi di pulau Jawa. Oleh sebab itu, pemerintah berencana mengembangkan jaringan jalan rel di pulau Jawa menjadi jalur ganda (double track) agar dapat mengimbangi jumlah permintaan yang akan dating. Kota Surabaya dan Sidoarjo merupakan 2 kota besar di Pulau jawa, namun jalan kereta api lintas Stasiun Wonokromo – Stasiun Sidoarjo masih menggunakan jalur tunggal yang menyebabkan layanan kereta api terkadang mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan kereta api karena harus bergantian jalur rel dengan kereta api lainnya. Direncanakan jalur ganda (double track) pada lintas Stasiun Wonokromo – Stasiun Sidoarjo (KM 7+881 - KM 25+510) agar dapat memenuhi peningkatan perpindahan manusia seperti prediksi RIPNAS. Dari hasil analisa dan perencanaan diperoleh penempatan trase jalur ganda di sebelah timur trase eksisting dari Wonokromo menuju Sidoarjo. Konstruksi jalan rel termasuk kelas jalan rel III dengan dimensi struktur atas tipe rel rencana R54, sambungan tipe rel R54, penambat elastis ganda Pandrol E-Clip, bantalan beton prategang tipe N-67 PT. WIKA Beton. Dimensi struktur bawah diperoleh tebal ballast atas 30 cm dan tebal sub-ballast 40 cm. Lapisan subgrade direncanakan timbunan setinggi 1 meter dari permukaan tanah asli dengan kemiringan 1:1,5 menggunakan tanah granular. Saluran drainase menggunakan beton bertulang dengan bentuk persegi panjang berdimensi 140cmx70cm terletak 285 cm dari as rel. Kata Kunci : Jalur Ganda, Struktur Jalan Kereta Api, Desain Geometrik, Drainase Jalan Kereta Api, Wonokromo, Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUTOMO, NUGROHONIDN1653010028UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:14
Last Modified: 02 Aug 2021 03:14
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item