AMIEN, ALI RACHMAD PRATAMA (2021) PERANCANGA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI KOSAKATA BAHASA JAWA KRAMA UNTUK ANAK SD BERBASIS ANIMASI MOTION GRAPIC. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-1-11.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-12-15.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-16-39.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-40-47.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
Text (BAB 4)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-48-55.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
||
Text (BAB 5)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-56-69.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB 6)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-70-76.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 7)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-77-78.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-79-80.pdf Download (700kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Laporan Tugas Akhir_17052010014_Ali Rachmad Pratama Amien-81-93.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam membantu anak-anak sekolah dasar, terutama anak kelas 5 di kegiatan belajar pada waktu sekolah memerlukan suatu wadah untuk membantu siswa-siswi dalam memahami suatu materi pembelajaran seperti media pembelajaran, yaitu animasi pembelajaran. Media pembelajaran sendiri merupakan suatu hal yang dapat menyampaikan suatu pesan berdasarkan sumber yang terencana sehingga menghasilkan suatu lingkungan belajar kondusif. Perancangan ini menggunakan metode penelitian yaitu metode kualitatif. Metode kualitatif didapatkan dari wawancara mendalam dengan beberapa narasumber terkait, observasi serta FGD (Focus Group Discusions). Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dilanjutkan kedalam proses analisis. Proses Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisa Tema Kultural yang dipakai untuk mencari suatu benang merah yang akan menghubungkan data – data yang sudah didapatkan sebelumnya. Dari analisa tersebut memunculkan satu “Keyword” yakni “Basa sing nyenengake” yang berarti yang berarti bahasa yang menyenangkan dengan dikemas secara menarik agar mudah untuk dipahami oleh anak sekolah dasar. Dengan adanya keyword tersebut maka akan dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan konsep desain dari Video Animasi Pembelajaran tentang kosakata bahasa Jawa krama. Dengan memberikan suatu pembelajaran kepada target audiens dengan cara kreatif serta mudah dipahami oleh audiens serta menyenangkan. Dengan begitu diharapkan anak-anak dapat menambah minat belajar dalam memahami pembelajaran bahasa Jawa. Kata Kunci : animasi, media pembelajaran, bahasa jawa, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2021 01:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2021 01:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2336 |
Actions (login required)
View Item |