PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENAL ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

RAMADHANI, FITRIA (2021) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENAL ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-1-18.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-19-24.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-25-60.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-61-74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB 4)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-75-84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB 5)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-85-104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-105-112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-113.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-114-115.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAPORAN TA_PRINT_FITRI-116-126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Tidak semua anak mengalami perkembangan yang normal seperti pada umumnya. Beberapa diantara mereka memiliki hambatan, gangguan, keterlambatan dalam proses perkembangannya dengan diperlukannya sebuah penanganan atau intervensi khusus. Adanya perbedaan tersebut membuat mereka digolongkan menjadi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Bila dilihat dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki keterlambatan perkembangan dan perbedaan secara fisik atau mental dari anak pada umumnya. Karena Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki perbedaan dengan anak-anak pada umumnya, maka perlunya perhatian lebih terkait hal yang dipelajari oleh mereka. Kurangnya kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitar merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh orang tua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam perancangan buku ilustrasi mengenal alat transportasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus, metode penelitian yang digunakan terbagi menjadi beberapa tahapan serta teknik analisa yang digunakan. Tahapan penelitian merupakan tahapan pengumpulan data yang nantinya data tersebut akan digunakan untuk menentukan sebuah visual dari buku ilustrasi mengenal alat transportasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tahapan pengumpulan data meliputi pengumpulan data kualitatif. Untuk teknik analisa data yang digunakan nantinya adalah berupa teknik analisa The Design Process. Dan kemudian dikaji lebih mendalam melalui pengumpulan data literatur yang berkaitan dengan perancangan yang dibuat. Dalam pengumpulan data “Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Alat Transportasi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, akan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data primer ini sendiri tetap menggunakan kualitatif dengan mengadakan sebuah observasi, wawancara serta Focus Group Discussion kepada pihak orang tua Anak Berkebutuhan Khusus. Wawancara ini dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih dalam dari orang tua terkait anak mereka yang tergolong slow learner. Pengumpulan data sekunder menggunakan buku dan jurnal yang berkaitan dengan perancangan ini. Buku dan artikel yang digunakan dalam perancangan ini bertujuan untuk mengenal bagaimana karakteristik dan klasifikasi dari Anak Berkebutuhan Khusus Perancangan ini ada beberapa metode analisa data. Pada pengumpulan data ini diperoleh dari hasil data wawancara, observasi dan FGD yang merupakan bagian dari metode kualitatif. Pada perancangan ini menggunakan metode The Design Process. Pengumpulan data yang telah diperoleh akan dianalisa untuk mendapatkan suatu kesimpulan sebagai pondasi perancangan yang akan dibuat. Kemudian akan menemukan sebuah keyword yang akan digunakan sebagai acuan perancangan untuk lanjut ke proses tahap selanjutnya. Dari proses pengumpulan data perancangan ini ditarik menghasilkan keyword yaitu “Active Fun Learning” adalah Mari belajar hal yang baru dengan senang dan aktif. Hal ini sesuai dengan karakterAnak Berkebutuhan Khusus yaitu slow learner dengan minat belajar yang tinggi. Adanya perancangan ini diharapkan semoga hal ini dapat menjadi sebuah media pembelajaran bagi anak mereka untuk lebih mengenal lingkungan disekitarnya dan juga mempermudah orang tua untuk memberikan edukasi kepada IV anaknya mengenai alat transportasi. Kata Kunci: Buku Ilustrasi, ABK, Media Edukasi, Transportasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCHIDTIAN, AILEENA SOLICITOR COSTA RICA ELNIDN0019018702UNSPECIFIED
Thesis advisorWIDYASARI, WIDYASARINIDN0020098901UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:05
Last Modified: 19 Jul 2021 02:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item