EFEKTIVITAS SISTEM E-FILING DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MULYOREJO SURABAYA

FANI, BRIAN DELTAMA (2018) EFEKTIVITAS SISTEM E-FILING DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MULYOREJO SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
BRIAN DELTAMA FANI-1-15.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BRIAN DELTAMA FANI-16-23.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BRIAN DELTAMA FANI-24-59.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text (BAB 3)
BRIAN DELTAMA FANI-60-72.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text (BAB 4)
BRIAN DELTAMA FANI-73-139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BRIAN DELTAMA FANI-140-142.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
BRIAN DELTAMA FANI-143-144.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
BRIAN DELTAMA FANI-145-148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena tentang pelaporan SPT Tahunan yang dalam pelaksanaannya antrian yang panjang sehingga KPP Pratama Mulyorejo Surabaya memberikan inovasi yaitu sistem e-Filing yang tujuannya agar masyarakat dapat melaporkan SPT Tahunan dimana saja, setiap hari, tanpa perlu antri di KPP Pratama Mulyorejo Surabaya . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di KPP Pratama Mulyorejo Surabaya. Fokus penelitian ini berdasarkan pada Ukuran Efektivitas Sistem menurut Delone dan Mclean sebagaimana dikutip oleh Jogiyanto (2007:3) dalam hal ini ada 6 sasaran kajian, yaitu: 1. Kualitas Sistem (System Quality) 2. Kualitas Informasi (Information Quality) 3.Penggunaan (Use) 4. Kepuasan Pemakai (User Satisfaction) 5.Dampak Individual (Individual Impact) 6. Dampak Organisasi (Organization Impact) Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1. Kualitas sistem (system quality) dilihat dari kemudahan sudah efektif karena pengguna e-Filing merasa mudah dalam mengoperasikan namun beberapa Wajib Pajak masih memerlukan pelatihan pengoperasian e-Filing dan yang lain tidak memerlukan pelatihan karena cukup mencari informasi di google. dilihat dari kesesuaian sudah efektif karena fiturfitur didalam sistem e-Filing sudah sesuai yang dibutuhkan Wajib Pajak, dan dilihat dari waktu respon belum efektif karena server sering lemot pada saat terakhir masa pelaporan SPT. 2. Kualitas infomasi (information quality) dalam hal ini menyimpulkan bahwa kualitas informasi dilihat dari mudah mengerti sudah efektif karena di sistem e-Filing terdapat panduan, dilihat dari keamanan sudah efektif karena sistem e-Filing memiliki e-Fin, email dan password, dilihat dari akurasi sudah efektif dan kekinian sudah efektif kerena setiap tahun di uptade. 3.Kepuasan pemakai (user satisfaction) dilihat dari durasi dari sistem e-Filing sudah efektif karena durasi sistem e-Filing cepat dibandingkan dengan manual.4.Kepuasan pemakai (user satisfaction) sudah efektif karena Wajib Pajak sudah merasa puas, sistem e-Filing ini dapat mempersingkat waktu pelaporan SPT Tahunan dengan e-Filing dan tidak berkeinginan menggunakan manual lagi.5 Dampak individual (individual impact) sudah efektif karena sistem e-Filing memberikan dampak individual yang baik yaitu mempermudah Wajib Pajak dalam melaporkan SPT Tahunan tanpa harus antri 6 Dampak Organisasi (organization impact) sudah efektif karena sistem e-Filing memberikan dampak organisasi yang baik yaitu Produksi berkas menurun, produksi berkas hardcopy menurun pencarian data juga mudah Kata Kunci :Efektivitas, Sistem, Pelaporan SPT Tahunan. Wajib Pajak Orang Pribadi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHERTATI, DIANANIDN 0003016609UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1501-1521 Civil service
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:48
Last Modified: 07 Jul 2021 04:51
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item