Laksono, Pambudi Tri (2023) PELAKSANAAN PRINSIP MENGENAL NASABAH (KNOW YOUR CUSTOMER PRINCIPLES) DALAM PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH DI BANK BTN CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
19071010174_Cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
19071010174_Bab_1.pdf Download (531kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
19071010174_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only until 21 December 2026. Download (198kB) |
||
Text (Bab 3)
19071010174_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only until 21 December 2026. Download (262kB) |
||
|
Text (Bab 4)
19071010174_Bab_4.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
19071010174_Daftar_Pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
19071010174_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 21 December 2026. Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principles) Dalam Pemberian Kredit Pemilikan Rumah DI Bank BTN Cabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis metode yuridis empiris yang bersifat analisis data dan bertitik tolak dari data primer. Sumber data yang didapatkan melalui wawancara dengan pihak Staff Loan Officer / Consumer Lending Unit pada bank BTN cabang surabaya, perundang – undangan, kamus, buku yang masih berlaku. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi kepustakaan. Metode analisa data menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dan pembahasan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prinsip mengenal nasabah dalam pemberian kredit pemilikan rumah di bank BTN cabang surabaya pada dasarnya sudah sesuai dengan dasar ketentuan Peraturan Bank Indonesia 5/21/PBI/2003 atas Perubahan Peraturan Bank Indonesia 3/ /PBI/2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah, namun disisi lain masih sering terjadinya wanprestasi dalam pemberian kredit pemilikan rumah ini di sebabkan oleh nasabah yang tidak memiliki itikad baik, berdasarkan data pada tahun 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022 sebanyak 519 nasabah telah melakukan wanprestasi. Dengan demikian jika wanprestasi terus – menerus terjadi dalam kesehatan bank semakin menurun dan mengalami kerugian, maka dari itu hal yang dapat dilakukan dengan 2 (dua) perlindungan hukum yaitu hukum preventif dan hukum reprensif. Penyelesaian ini dilakukan dengan jalur non – litigasi dan litigasi yang mengupayakan penyelesaian kredit bermasalah agar bank tetap menjalankan usahanya kembali tanpa terkendala dan bank dapat membuka produk terbarunya. Kata Kunci: Prinsip Mengenal Nasabah, Kredit Pemilikan Rumah, Peraturan Bank Indonesia, Wanprestasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law > Departement of Law | ||||||||
Depositing User: | PAMBUDI TRI LAKSONO | ||||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 09:12 | ||||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 09:12 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18929 |
Actions (login required)
View Item |