MEMBANGUN NILAI HEROISME UNTUK KETAHANAN EKONOMI MASYARAKAT SURABAYA MELALUI STUDI KASUS WISATA BARU ALUN-ALUN KOTA SURABAYA

Mukhammad Sibghatullah, Almujahidin (2023) MEMBANGUN NILAI HEROISME UNTUK KETAHANAN EKONOMI MASYARAKAT SURABAYA MELALUI STUDI KASUS WISATA BARU ALUN-ALUN KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (bab 1)
17011010082_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
17011010082_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
17011010082_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
17011010082_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
17011010082_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
17011010082_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (lampiran)
17011010082_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (cover)
17011010082_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengidentifikasi dan menganalisis peranan tempat wisata baru terhadap pertumbuhan UMKM masyarakat Surabaya; dan 2) untuk mengetahui dan menganalisis peranan nilai-nilai heroisme terhadap pengembangan potensi ekonomi di Surabaya. Penelitian ini juga dilakukan di lingkungan Alun-Alun Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan teori paradigma interpretative. Sumber data yang diambil melalui narasumber, dokumen dan aktivitas masyarakat di sana. Teknik pengumpulannya menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam/in-depth interview, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup transkrip hasil wawancara dengan informan, analisis hasil wawancara, reduksi data, interpretasi data dan triangulasi. Dari hasil analisis data tersebut kemudian penulis dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya nilai heroisme dan model wisata bawah tanah ini mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Alun-Alun Surabaya serta hal tersebut mampu menjadi tampilan baru dalam kalangan wisatawan anak muda yang nantinya dapat berdampak pada para pelaku UMKM di Alun-Alun melalui adanya SWK di sana sehingga roda perekonomian dapat berputar dalam jangka panjang, tak hanya itu penelitian ini juga menunjukan dampak pengembangan media sosial terhadap wisata baru sehingga berdampak pada semangat patriotisme para pelaku UMKM karena banyak yang mengetahui merek dagangan lokal warga Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan pengembangan dan optimalisasi pembangunan ekonomi pariwisata di kota atau kabupaten lain untuk memperkuat indeks pertumbuhan ekonomi suatu wilayah melalui sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorARIEF, BACHTIAR196101041993031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRIKO SETYA, WIJAYA18119800105073UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Economics
Depositing User: Mukhammad Sibghatullah Almujahidin
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:47
Last Modified: 25 Sep 2023 07:47
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item View Item