Pengembangan Game Edukasi Anak-Anak Untuk Menghadapi Bencana Alam Menggunakan Metode Agile Development

Wahyu, Lesmana (2023) Pengembangan Game Edukasi Anak-Anak Untuk Menghadapi Bencana Alam Menggunakan Metode Agile Development. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2025.

Download (203kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2025.

Download (655kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2025.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2025.

Download (355kB)

Abstract

Game edukasi merupakan sebuah permainan yang dimana unsur hiburannya menjadi alat untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyampaikan nilai-nilai edukasi secara seru dan menarik. Jenis dari game edukasi berbeda-beda tergantung dari tujuan game yang dikembangkan. Pada belakangan ini, perkembangan game tidaklah hanya sekedar untuk hiburan saja melainkan dapat membantu masyarakat dalam memahami pengetahuan baru salah satunya pengetahuan tentang cara menghadapi bencana alam. Game “Don’t Panic” merupakan sebuah game edukasi yang memiliki nilai edukasi mengenai bagaimana cara menghadapi bencana alam ketika terjadi serta bagaimana cara meminimalisir bencana alam terjadi dengan benar dan mudah untuk dimengerti oleh anak-anak yang masih kurang memahami cara menghadapi bencana alam. Game “Don’t Panic” dibuat menggunakan metode agile development. Metode ini digunakan untuk pengembangan game agar sesuai dengan target yang telah dirancang sebelumnya, dengan memanfaatkan perulangan-perulangan pada setiap proses sampai tidak terdapat kesalahan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada pengguna. Tidak hanya berisikan nilai pengetahuan untuk anak-anak, game “Don’t Panic” juga memiliki desain dan tampilan yang memukau agar menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahajoe, Ani DijahNIDN0012057301anidijah.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorAl Haromainy, Muhammad MuharromNIDN0701069503muhammad.muharrom.if@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Lesmana Wahyu
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:49
Last Modified: 06 Jun 2023 06:49
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item View Item