Lailiyah, Nur Rahmatul (2023) Sekolah Alam Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) di Sumenep. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (COVER)
19051010054-cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
19051010054-bab1.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
19051010054-bab2.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
19051010054-bab3.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
19051010054-bab4.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (708kB) |
||
Text (BAB V)
19051010054-bab5.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
19051010054-bab6.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (745kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19051010054-daftarpustaka.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
19051010054-lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (7MB) |
||
Text (POSTER)
19051010054-poster.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2025. Download (1MB) |
Abstract
Indonesia menduduki peringkat rendah kualitas pendidikan di ranah dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, dirancang sekolah berkonsep alam sebagai sekolah alternatif pendidikan yang lebih baik. Sekolah Alam menjadi tren sekolah masa depan karena efektivitas pembelajaran yang lebih menjanjikan daripada sekolah konvensional. Namun faktanya masih terdapat daerah yang belum memiliki fasilitas Sekolah Alam, salah satunya Sumenep yang memiliki peningkatan pada angka partisipasi sekolah usia kanak-kanak. Dengan perancangan Sekolah Alam di Sumenep diharapkan dapat menjadi wadah pendidikan berbasis alam yang efektif, eksploratif, dan ramah lingkungan. Dalam perancangan Sekolah Alam jenjang PAUD dan SD di Sumenep ini telah dilakukan analisis terhadap fakta pada tapak serta penentuan isu dan goals perancangan, sehingga dipilih tema culture in nature dengan tujuan menyelaraskan unsur sejarah yang ada di sekitar tapak pada konsep perancangan sekolah alam dengan metode analisis kontekstual terhadap fakta potensi tapak. Perwujudan dari sekolah alam ditampilkan berdasarkan tiga kriteria yang tercantum dalam pendekatan green architecture yang diaplikasikan pada elemen bangunan, konfigurasi tapak, dan fasilitas penunjang pelestarian alam. Berdasarkan rancangan tersebut, diperoleh bentuk bangunan yang mengambil dari bentuk dasar helai daun sebagai representasi dari elemen alam yang dikonfigurasikan dengan konsep bangunan terbuka serta aksen ornamen khas Sumenep pada jendela dan sunshading yang menjadikan penghawaan dan pencahayaan alami lebih optimal. Bangunan ditata menyesuaikan kelompok kebutuhan pengguna sehingga meminimalkan terjadinya distraksi antar kelompok pengguna. Area ruang luar hijau ditata dan dimaksimalkan pemanfaatannya untuk kebutuhan kegiatan pembelajaran alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture N Fine Arts > NA Architecture > NA2695-2793 Architectural drawing and design |
||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture | ||||||||
Depositing User: | Nur Lailiyah | ||||||||
Date Deposited: | 30 May 2023 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 30 May 2023 03:11 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13972 |
Actions (login required)
View Item |