Nouvanty, Vanya (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERKELANJUTAN BERMAIN GAME OTOME ONLINE MENGGUNAKAN TEORI USES AND GRATIFICATION. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
18082010054_Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
18082010054_Bab1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
18082010054_Bab2.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 3)
18082010054_Bab3.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 4)
18082010054_Bab4.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (812kB) | Request a copy |
||
|
Text (Bab 5)
18082010054_Bab5.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar pustaka)
18082010054_Daftar pustaka.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
18082010054_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 5 June 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di dunia teknologi yang semakin berkemajuan ini, game telah menjadi sebuah hiburan menyenangkan yang digemari oleh masyarakat. Namun, pemain yang cepat bosan atau mudah burnout selama bermain, membuat developer game kesulitan untuk mempertahankan pemain loyal mereka serta keberlangsungan game itu sendiri. Karena itulah dibutuhkan analisis faktor yang mempengaruhi niat berkelanjutan bermain game otome berbasis online. Dalam skripsi ini, penulis meneliti game otome online, yang dalam studi kasus ini adalah Tears of Themis menggunakan analisis uses and gratification yang terdiri atas enjoyment, fantasy, escapism, social interaction, social presence, achievement, self – presentation dan juga menggunakan variabel moderasi umur terhadap continuance intention bermain game Tears of Themis. Dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS terhadap 135 responden pemain Tears of Themis asal Indonesia, hasil membuktikan bahwa enjoyment dan achievement berpengaruh positif pada niat berkelanjutan bermain atau continuance intention game Tears of Themis. Sementara itu hasil pengujian moderasi menunjukkan bahwa umur tidak memiliki hubungan antara tujuh variabel independen dengan continuance intention dalam bermain game Tears of Themis. Namun berdasarkan sub-kelompok umur, ditemukan bahwa kelompok umur 16 – 19 tahun dipengaruhi oleh enjoyment dan self—presentation terhadap continuance intention dan kelompok umur 20 – 24 tahun dipengaruhi enjoyment terhadap continuance intention dalam bermain game Tears of Themis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Vanya Nouvanty | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Jun 2023 06:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13377 |
Actions (login required)
View Item |