RAHMAWATI, ICHA NUR (2023) STRATEGI MARKETING MEDIA SOSIAL MELALUI CROWDFUNDING PADA AKUN INSTAGRAM @IKOY2AN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (COVER)
18043010222.-cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
18043010222.-bab 1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
18043010222.-bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 9 January 2025. Download (398kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
18043010222.-bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 9 January 2025. Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
18043010222.-bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 9 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB 5)
18043010222.-bab 5.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18043010222.-daftar pustaka.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
18043010222.-lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 9 January 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Crowdfunding saat ini telah mengalami perubahan dari era tradisional menjadi era digital. Crowdfunding masuk ke dalam dunia pemasaran. Hadirnya konsep crowdfunding yang berbeda melalui permainan ikoy-ikoyan merupakan hal baru dalam ranah media sosial. Penelitian ini menggali keunikan @ariefmuhammad sebagai influencer yang melahirkan tren atau budaya ikoy-ikoyan masuk dalam pemasaran merek. Sejak Juli 2021, tren ikoy-ikoyan tiba-tiba menjadi populer dan kontroversial. Tren ikoy-ikoy diikuti oleh influencer dan memiliki dampak sosial yang besar, sehingga sejak 18 Agustus 2021, Arief membuat akun @ikoy2an bekerjasama dengan merek ternama. Hal ini menarik karena berbagi kebahagiaan masuk dalam kategori crowdfunding. Lalu, mengharuskan pemain untuk terlebih dahulu mem-follow akun yang memberikan hadiah berupa uang, benda, atau kebutuhan pengikut sebagai syaratnya. Hal ini menyebabkan followers akun meningkat pesat setelah menjadi investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi marketing media sosial yang diterapkan oleh @ariefmuhammad melalui tren ikoy-ikoyan. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi virtual. Peneliti menemukan bahwa tren ikoy-ikoyan telah berhasil menggeser tren giveaway yang telah berkembang di tahun terakhir. Tren ikoy-ikoyan telah terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan jumlah pengikut di akun Instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Icha Nur Rahmawati | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:07 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 05:57 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10768 |
Actions (login required)
View Item |