ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA PLATFORM GAME STEAM DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

PANGESTU, BRYAN ARYA (2022) ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA PLATFORM GAME STEAM DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18032010094_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18032010094_Bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18032010094_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
18032010094_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
18032010094_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (380kB)
[img] Text (BAB V)
18032010094_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18032010094_Daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18032010094_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (916kB)

Abstract

Perdagangan yang sedang marak pada masa modern ini adalah perdagangan digital berupa video game. Banyaknya perusahaan digital yang mulai muncul untuk menawarkan layanan DRM agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atas video game menyebabkan ketatnya persaingan. Steam merupakan salah satu platform ecommerce produk digital game berbasis komputer yang mengalami kenaikan tanggapan negatif pada tahun 2021 karena tidak puasnya pengguna atas pelayanan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Steam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance- Performance Analysis (IPA) yang merupakan suatu metode untuk meneliti tingkat kepuasan pada tiap elemen dalam kualitas layanan untuk perencanaan perbaikan atau pengembangan. Hasil dari penelitian dengan metode Importance Performance Analysis dari 19 atribut pelayanan Steam didapatkan rata-rata kesesuaian sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi layanan terhadap harapan konsumen masih belum memuaskan. Ditinjau dari diagram kartesius, terdapat saran yang bisa diimplementasikan yaitu dengan menyediakan banyak jalur pembayaran baik lokal maupun internasional, memberi informasi ketika ada aktivitas dari device lain melalui kontak yang telah dicantumkan, pihak Steam dapat melakukan pelatihan agar karyawan Steam agar siap melayani pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDIRIANI, IRIANINIDN0726116202UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Bryan Arya Pangestu
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:20
Last Modified: 16 Nov 2022 06:20
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item