Azizah, Aulia Fitrotin (2022) Pengaruh Penambahan Pasir Kaolin Sebagai Pengisi (Filler) Aspal Pada Perkerasan Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
18035010068-SAMPUL_organized.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
18035010068-BAB 1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
18035010068-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (259kB) |
||
Text (Bab III)
18035010068-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (156kB) |
||
Text (Bab IV)
18035010068-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (678kB) |
||
|
Text (Bab V)
18035010068-BAB 5.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
18035010068-Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
18035010068-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (266kB) |
Abstract
Pada saat ini sudah tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan fasilitas prasarana yang baik juga sangat dibutuhkan dalam menunjang kenyamanan bagi para pengguna jalan agar pengguna jalan merasa aman, nyaman dan terhindar dari kecelakaan yang terjadi di jalan. Kecelakaan dapat dikarenakan kurangnya kewaspadaan dari para pengguna jalan dan juga dari faktor kondisi jalan yang sudah mengalami kerusakan tingkat sedang sampai dengan parah di berbagai titik. Terdapatnya jalan yang bergelombang, crocodile crack, hingga lubang yang cukup dalam yang membentang sepanjang jalan sudah tidak asing lagi di Indonesia, sangat mengkhawatirkan pengguna jalan maupun warga sekitar karena cukup menjadi alasan seringnya terjadi kecelakaan yang sampai menyebabkan kematian. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, diantaranya adalah sumber daya alam kaolin. Dimana sumber daya alam kaolin tersebut banyak ditemukan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Proses pengambilan kaolin dilakukan dengan cara penambangan, banyaknya limbah dari penambangan mineral kaolin dapat menjadi suatu potensi atau alternatif yang dapat dimanfaatkan, terutama dalam perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui penggunaan pasir kaolin sebagai filler dari campuran beton aspal jenis AC-WC dengan berdasarkan parameter campuran aspal menggunakan metode Marshall yang telah ditetapkan dalam Spesifikasi Umum Bina Marga 2018, yang diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemanfaatan pasir kaolin pada perkerasan jalan di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan variasi kadar aspal optimum sebesar 6% yang diperoleh dari hasil pengujian marshall, dan digunakan variasi pasir kaolin sebagai filler 0%, 4%, 5% dan 6%. Dari hasil data Marshall Test dengan penambahan pasir kaolin didapatkan kadar filler optimum sebesar 4,73%, dengan nilai stabilitas sebesar 1890,85 kg, flow sebesar 6,62 mm, Marshall Quotient sebesar 429,131 kg/mm, nilai VIM sebesar 5,15%, nilai VMA sebesar 13,28% dan nilai VFA sebesar 95,87%. Hasil pengujian Marshall dengan kadar aspal 4,73%. Sebagian besar telah memenuhi syarat pada Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | T SIPIL AULIA FITROTIN | ||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 03:43 | ||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 03:43 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10327 |
Actions (login required)
View Item |