Pengaruh Penambahan Pasir Kaolin Sebagai Pengisi (Filler) Aspal Pada Perkerasan Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC)

Azizah, Aulia Fitrotin (2022) Pengaruh Penambahan Pasir Kaolin Sebagai Pengisi (Filler) Aspal Pada Perkerasan Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18035010068-SAMPUL_organized.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
18035010068-BAB 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
18035010068-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (259kB)
[img] Text (Bab III)
18035010068-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (156kB)
[img] Text (Bab IV)
18035010068-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (678kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
18035010068-BAB 5.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18035010068-Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18035010068-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (266kB)

Abstract

Pada saat ini sudah tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan fasilitas prasarana yang baik juga sangat dibutuhkan dalam menunjang kenyamanan bagi para pengguna jalan agar pengguna jalan merasa aman, nyaman dan terhindar dari kecelakaan yang terjadi di jalan. Kecelakaan dapat dikarenakan kurangnya kewaspadaan dari para pengguna jalan dan juga dari faktor kondisi jalan yang sudah mengalami kerusakan tingkat sedang sampai dengan parah di berbagai titik. Terdapatnya jalan yang bergelombang, crocodile crack, hingga lubang yang cukup dalam yang membentang sepanjang jalan sudah tidak asing lagi di Indonesia, sangat mengkhawatirkan pengguna jalan maupun warga sekitar karena cukup menjadi alasan seringnya terjadi kecelakaan yang sampai menyebabkan kematian. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, diantaranya adalah sumber daya alam kaolin. Dimana sumber daya alam kaolin tersebut banyak ditemukan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Proses pengambilan kaolin dilakukan dengan cara penambangan, banyaknya limbah dari penambangan mineral kaolin dapat menjadi suatu potensi atau alternatif yang dapat dimanfaatkan, terutama dalam perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui penggunaan pasir kaolin sebagai filler dari campuran beton aspal jenis AC-WC dengan berdasarkan parameter campuran aspal menggunakan metode Marshall yang telah ditetapkan dalam Spesifikasi Umum Bina Marga 2018, yang diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemanfaatan pasir kaolin pada perkerasan jalan di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan variasi kadar aspal optimum sebesar 6% yang diperoleh dari hasil pengujian marshall, dan digunakan variasi pasir kaolin sebagai filler 0%, 4%, 5% dan 6%. Dari hasil data Marshall Test dengan penambahan pasir kaolin didapatkan kadar filler optimum sebesar 4,73%, dengan nilai stabilitas sebesar 1890,85 kg, flow sebesar 6,62 mm, Marshall Quotient sebesar 429,131 kg/mm, nilai VIM sebesar 5,15%, nilai VMA sebesar 13,28% dan nilai VFA sebesar 95,87%. Hasil pengujian Marshall dengan kadar aspal 4,73%. Sebagian besar telah memenuhi syarat pada Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102ibnu.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: T SIPIL AULIA FITROTIN
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:43
Last Modified: 16 Nov 2022 03:43
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item