Suryandari, Fitriana (2022) Pengaruh Penambahan Limbah Serbuk Kaca Sebagai Filler Material Pengisi Pada Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (COVER)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (340kB) |
||
Text (BAB III)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (115kB) |
||
Text (BAB IV)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (523kB) |
||
|
Text (BAB V)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
18035010003-FITRIANA SURYANDARI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (136kB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang. Kebutuhan akan fasilitas sarana dan prasarana yang baik sangat dibutuhkan dalam menunjang kenyamanan bagi para pengguna jalan, serta dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan. Dalam mendesain suatu lapisan permukaan perkerasan jalan dapat memanfaatkan segala jenis campuran. Campuran aspal beton dalam perkerasan jalan dapat ditambahkan material pengisi (filler). Kaca-kaca bekas yang sudah tidak terpakai lagi merupakan limbah yang tidak akan terurai secara alami oleh zat organik, dengan demikian diperlukan berbagai penanganan alternatif untuk menjadikan limbah kaca dalam pemanfaatan bahan campuran sebagai material pengisi (filler) pada campuran aspal. Penelitian ini mengenai perencanaan pembuatan Aspalt Concrete-Wearing Course dengan metode yang digunakan yaitu metode Marshall dengan mengacu pada aturan Bina Marga 2018 dan SNI yang berlaku. Filler limbah kaca diolah dengan dihaluskan. Variasi kadar aspal sebesar 5%, 6% dan 7% untuk mencari kadar aspal optimum. Variasi kadar serbuk kaca yang digunakan sebesar 0%, 5%, 6%, 7%. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui penggunaan limbah serbuk kaca sebagai filler dari campuran AC-WC yang diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemanfaatan pasir kaolin pada perkerasan jalan di Indonesia. Dari hasil pengujian Marshall diperoleh Kadar Aspal Optimum sebesar 6% dengan variasi kadar filler sebesar 0%, 5%, 6% dan 7%. Dari hasil pengujian Marshall dengan penambahan serbuk kaca diperoleh Kadar Filler Optimum sebesar 5,17%. Dengan nilai stabilitas sebesar 2494,59 kg , flow sebesar 5,83 mm, Marshall Quotient sebesar 442,75 kg/mm, VIM sebesar 3 %, VMA sebesar 15,15% , dan VFA sebesar 80 %. Sebagian besar telah memenuhi syarat pada Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | T SIPIL FITRIANA SURYANDARI | ||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:38 | ||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 03:30 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10281 |
Actions (login required)
View Item |