ANALISIS YURIDIS PENYELESAIAN KLAIM BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI KECELAKAAN KENDARAAN BERMOTOR DI PT ASURANSI X

Pribadi, Adam Kukuh (2020) ANALISIS YURIDIS PENYELESAIAN KLAIM BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI KECELAKAAN KENDARAAN BERMOTOR DI PT ASURANSI X. Other thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tata cara klaim, yang membahas mengenai mekanisme, apa saja hambatan yang terjadi serta upayaupaya yang dilakukan oleh pihak asuransi di PT Asuransi X cabang Surabaya. Dalam prakteknya Asuransi ini kerap mengalami kesulitan dalam klaim karena belum banyak mengetahui asuransi secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis atau dikenal juga dengan sebutan yuridis empiris, berupa pengkajian ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi pada kenyataannya di masyarakat. Sumber data tersebut berasalh dari literatur, perundang-undangan yang berlaku serta wawancara kepada staff PT Asuransi X dan data pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah penjelasan secara rinci mengenai mekanisme klaim di PT Asuransi X Cabang Surabaya dan juga analisisnya mengenai penyelesaian klaim pada perusahaan tersebut. Selain itu, terdapat pula analisis mengenai kendala yang dialami oleh PT Asuransi X Cabang Surabaya bagaimana upaya yang dapat dilakukan ketika hambatan tersebut terjadi untuk menyelesaikan klaim. Beberapa faktor kendala penyelesaian klaim yaitu karena kurangnya implementasi regulasi OJK dan penekanan peranan agen asuransi, kurangnya penggunaan asas indemnity, insurable interest, dan outmost good faith, dalam penyelesaian klaim antara pihak asuransi dengan pihak klien. Kata Kunci : Klaim,Polis, Asuransi Kecelakaan Kendaraan Bermotor.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriyah, Mas Anienda TienNIDN0725097702UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:45
Last Modified: 04 Feb 2021 07:45
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item