KONSTRUKSI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN INSTAGRAM (Analisis Tekstual Thwaites dalam @Nipplets_Official)

KARLINA, SAFIRA ADNIN (2019) KONSTRUKSI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN INSTAGRAM (Analisis Tekstual Thwaites dalam @Nipplets_Official). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (269kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (608kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

“Semua orang perlu menerima dan merayakan bentuk tubuh mereka—bagaimanapun kenampakannya.” Belakangan, kalimat ini telah menjadi bagian dari misi sosial populer, sebagai salah satu bentuk resistensi para liyan terhadap tirani idealisasi tubuh. Teks populer merangkumnya dalam wacana politik tubuh—serupa dengan: body positivity, kecintaan diri (self-love), diversitas kecantikan (beauty diversity)—sebagai gerakan yang lahir dari kesadaran kritis para feminis atas diskriminasi yang diciptakan oleh penindasan konsep tubuh ideal.Penelitian ini fokus untuk mengamati konstruksi tubuh perempuan pada beberapa gambar/teks visual secara keseluruhan yang ditunjukkan pada objek foto yang ditampilkan pada akun Instagram lini lingerie di Indonesia. Simbol-simbol yang ditampilkan dalam teks visual tersebut mengkonstruksi tubuh perempuan melalui teks visual pemasaran dalam Instagram.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan metode analisis tekstual Thwaites, yang memaknai sebuah komunikasi visual secara denotasi, konotasi dan mitos. Melalui metode tersebut peneliti berusaha menganalisis kode/simbol/penanda teks visual iklan Instagram serta mengaitkannya dengan konstruksi tubuh perempuan. Teks visual dalam iklan Instagram Nipplets mengonstruksikkan tubuh perempuan secara ‘tidak biasa’ dan mengusung kampanye politik identitas berupa diversitas kecantikan dan penerimaan diri. Namun, sayangnya penggambaran ini masih lekat dengan penonjolan nilai sensualitas bentuk tubuh dan gaya hidup perkotaan, dibandingkan penonjolan identitas perempuan yang harusnya lebih inklusif, berupa agensi subjektivitas, kemampuan, dan kepribadiannya. Kata Kunci : Konstruksi Tubuh Perempuan, Instagram, Analisis Tekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHMAWATI, AULIANIDN0727078201UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:46
Last Modified: 18 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item