PENGARUH PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN SERTA PENJUALAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COCA-COLA (Studi Kasus Pada Konsumen Coca-Cola di Surabaya)

Ramadhani, Sofi Widianti and Mardhiyah, Rafida Salma and Faridah, Siti Ning (2020) PENGARUH PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN SERTA PENJUALAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COCA-COLA (Studi Kasus Pada Konsumen Coca-Cola di Surabaya). Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 14 (02). ISSN 2086-7565

[img]
Preview
Text
Sofi.W..pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Coca-Cola merupakan produk minuman ringan berkarbonasi yang sudah ada sejak tahun 1889 dan mulai diperdagangkan menggunakan kemasan botol pada tahun 1899. Produk dari PT Coca Cola Company ini sampai sekarang masih eksis dalam masyarakat berbagai kalangan. Coca-Cola terus mengalami eksistensinya karena produk ini terus memperbarui slogan untuk promosi penjualannya yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan promosi penjualan serta penjualan personal terhadap keputusan pembelian produk Coca-Cola di Surabaya. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah membeli produk Coca-Cola lebih dari tiga kali yang bertempat tinggal di Surabaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif. Metode analisis data dan uji statistika yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji t yang diketahui bahwa periklanan dan penjualan personal berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel tersebut secara parsial ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6.996>1.988 untuk variabel periklanan dan 4.441>1.988 untuk variabel penjualan personal. Sedangkan promosi penjualan secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan dengan keputusan pembelian yang menghasilkan nilai thitung < ttabel yaitu 1.180<1.988. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menghasilkan Periklanan dan Promosi Penjualan serta Penjualan Personal secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 39.729>2.70. Kata kunci: Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Keputusan Pembelian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410 Marketing. Distribution of Products
Divisions: Journal > Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:37
Last Modified: 06 Nov 2020 09:37
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item