PERENCANAAN JALAN PADA SEGMEN INARI – BOFUWER (STA. 61 + 500 – 68 + 200) KABUPATEN KAIMANA PROVINSI PAPUA BARAT

KINDANTI, FEMMY (2021) PERENCANAAN JALAN PADA SEGMEN INARI – BOFUWER (STA. 61 + 500 – 68 + 200) KABUPATEN KAIMANA PROVINSI PAPUA BARAT. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2023.

Download (791kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2023.

Download (145kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2023.

Download (905kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2023.

Download (6MB)

Abstract

Provinsi Papua Barat merupakan provinsi baru yang sedang berusaha dalam mengejar ketertinggalan dari provinsi lainnya di berbagai aspek. Tingkat ekonomi masyarakat Papua Barat masih terbilang rendah dikarenakan banyaknya daerah yang terisolasi sebab tidak ada akses jalan yang dapat menghubungkan tiap daerah, sehingga kegiatan distribusi barang dan jasa menggunakan transportasi darat terhambat. Salah satu daerah yang tidak memiliki akses jalan yaitu Kabupaten Kaimana dengan Kabupaten Fakfak. Kabupaten Fakfak termasuk dalam peringkat lima besar dengan jumlah penduduk miskin terbanyak. Oleh karena itu, diperlukan akses jalan yang dapat membuka isolasi daerah, sehingga dapat memudahkan distribusi barang dan jasa yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Jalan yang dapat menghubungkan Kabupaten Kaimana dengan Kabupaten Fakfak berlokasi di segmen Inari – Bofuwer. Perencanaan jalan difokuskan dalam merencanakan geometrik jalan, tebal perkerasan jalan, dan drainase jalan. Perencanaan geometrik jalan akan merencanakan alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal yang perhitungannya mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 38 Tahun 1997, perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan perkerasan lentur dengan metode Bina Marga 2017, dan perencanaan drainase jalan mengacu pada Perencanaan Sistem Drainase Jalan Tahun 2006. Hasil perencanaan jalan pada segmen Inari – Bofuwer menggunakan tipe jalan 2/2UD dengan lebar jalan 7,5 meter dan lebar bahu 1,5 meter. Pada alinyemen horizontal terdapat 13 tikungan Spiral-Circle-Spiral dan 5 tikungan Spiral-Spiral, sedangkan pada alinyemen vertikal terdapat 13 lengkung cekung dan 13 lengkung cembung. Jenis perkerasan jalan yang digunakan adalah Burda atau Burtu dengan tebal LPA Kelas A 250 mm, LPA Kelas B 110 mm, dan lapis stabilisasi tanah 150 mm. Saluran drainase jalan berbentuk trapesium dengan lebar 0,4 – 0,6 meter dan tinggi 0,85 – 1,15 meter. Kata kunci: Provinsi Papua Barat, Perencanaan Jalan, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 38 Tahun 1997, Bina Marga 2017, Perencanaan Sistem Drainase Jalan Tahun 2006.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHOLICHIN, IBNUNIDN0718097102UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:21
Last Modified: 22 Nov 2021 01:21
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item