PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP NIAT MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (STUDI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UPN "VETERAN" JAWA TIMUR)

Asroriyah, Ummu and Yuhertiana, Indrawati (2023) PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP NIAT MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (STUDI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UPN "VETERAN" JAWA TIMUR). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecurangan merupakan salah satu tindak kejahatan yang mengancam dunia. Pergguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan juga tidak luput dari kecurangan. Penerapan whistleblowing di lingkungan perguruan tinggi dapat menumbuhkan keberanian untuk mengungkap tindakan kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat whistleblowing mahasiswa akuntansi dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TBP), yaitusikap terhadap perilaku, norma subjektik, dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disampaikan secara online. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa S1 akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur. Sampel dihitung dengan rumus Slovin diperoleh sebanyak 93 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat whistleblowing. Sedangkan sikap tidak berpengaruh terhadap niat whistleblowing. Kesimpulannya, dukungan dari orang sekitar sangat diperlukan untuk mendorong dan menyakinkan mahasiswa dalam mengambil tindakan whistleblowing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: Ummu Asroriyah
Date Deposited: 24 May 2023 06:00
Last Modified: 24 May 2023 06:00
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13577

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item