TANGGUNG GUGAT PIHAK BANK DALAM SKIMMING DI BANK X

ARISTA, DELTA PUJI (2018) TANGGUNG GUGAT PIHAK BANK DALAM SKIMMING DI BANK X. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img] Text
COVER fix SKRIPSI.docx
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (394kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (274kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (111kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (147kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian berjudul “Tanggung Gugat Pihak Bank Dalam Skimming di Bank X”, karena terjadinya Skimming tersebut maka dapat merugikan Nasabah. Permasalahan yang dibahas mengenai bentuk tanggung gugat pihak bank atas kerugian yang dialami nasabah akibat Skimming dan upaya hukum bagi nasabah yang mengalami kerugian akibat Skimming. Penelitian menggunakan pendekatan normatif dan pendekatan konsep, diperoleh suatu kesimpulan yaitu sebagai berikut: Bentuk tanggung gugat pihak bank atas kerugian yang dialami nasabah akibat Skimming adalah product liability. Product liability yang dimaksudkan adalah tanggung jawab produk dimana pelaku usaha atau dalam hal ini disebut pihak bank berkewajiban memberi perlindungan terhadap nasabah. Dalam hal ini pihak bank wajib mengganti kerugian yang dialami konsumen atau nasabah sesuai dengan peraturan undang-undang yang terdapat dalam undang-undang perlindungan konsumen. Tanggung jawab yang diberikan pihak bank terhadap nasabah berupa pengembalian dana yang dimiliki oleh nasabah. Upaya hukum bagi nasabah yang mengalami kerugian akibat Skimming dapat diselesaikan secara mediasi yaitu penyelesaian diluar pengadilan. Upaya hukum bagi nasabah tersebut jika penyelesaian secara mediasi tidak membawakan hasil, maka langkah berikutnya yang dapat ditempuh adalah menyelesaikan ke Pengadilan Negeri, atas kerugian yang dialami oleh nasabah akibat Skimming. Namun penyelesaian secara mediasi lebih efisien, karena jika penyelesaian melalui Pengadilan maka akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Kerugian tersebut dapat diganti oleh pihak bank sesuai dengan dana yang hilang. Kata Kunci: Tanggung Gugat, Skimming

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDINDAWATI, YANANIDN0726017903UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:09
Last Modified: 09 Feb 2023 03:09
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12074

Actions (login required)

View Item View Item