SUGITA, INDAH RAHMAWATI (2022) ANALISIS KEDUDUKAN HUKUM BANK DIGITAL DI INDONESIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH YANG DIRUGIKAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text
Cover_18071010016.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1_18071010016.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
bab 2_18071010016.pdf Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (124kB) |
||
Text (BAB 3)
bab 3_18071010016.pdf Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (120kB) |
||
|
Text
bab 4_18071010016.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka_18071010016.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran_18071010016.pdf Restricted to Registered users only until 3 October 2024. Download (1MB) |
Abstract
Bank digital di Indonesia semakin marak seiring dengan mudahnya akses teknolgi yang berkembang pesat. Nasabah bank digital sendiri ternyata masih ditemukan adanya kerugian yang dialami dalam penyelenggaraan bank digital, salah satunya terkait adanya uang nasabah yang telah disimpan pada bank digital tersebut justru hilang. Persoalannya ialah bagaimana kedudukan hukum bank digital di Indonesia sekaligus perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital yang dirugikan. Metode penelitian yang digunakan ialah yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank digital di Indonesia belum terdapat pengaturannya pada UU Perbankan. Pengaturannya hanya ditemukan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, yang notabenenya kekuatan hukumnya tersebut tidak bisa disamakan dengan undang-undang. Hal tersebut juga sama perihal perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital yang dirugikan. UU Perlindungan Konsumen dan UU Perbankan tidak mengatur demikian, pengaturannya justru hanya ditemukan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dengan tidak spesifik. Pemerintah perlu memperbaharui UU Perlindungan Konsumen, mengingat perkembangan teknologi yang pesat hingga kegiatan pelaku usaha dengan konsumen banyak terdigitalisasi. Prosedur layanan dan penyelesaian aduan oleh pihak bank harus lebih efisien dan efektif agar dapat sebagai pemberian perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital. Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam penggunaan bank digital, mengingat semain tersistematisnya kejahatan yang dapat merugikan nasabah iut sendiri. Keyword: Bank Digital, Kedudukan Hukum, Perlindungan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law | ||||||||
Depositing User: | MISS INDAH RAHMAWATI SUGITA | ||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2022 08:30 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2022 08:30 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/9777 |
Actions (login required)
View Item |