RANCANG BANGUN APLIKASI “CODING TRIVIA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA PENGACAKAN FISHER-YATES

Sholihuddin A., Muhammad Thoriq (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI “CODING TRIVIA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA PENGACAKAN FISHER-YATES. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 February 2024.

Download (162kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 February 2024.

Download (487kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 February 2024.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi maka kebutuhan akan pemrogram atau programmer akan semakin tinggi. Meskipun jumlah lulusan pada bidang teknologi informasi (Teknik Informatika, Sistem Informasi, dll) di Indonesia cukup banyak, namun nyatanya masih banyak juga yang belum terserap pada perusahaan terkait dikarenakan kurangnya kemampuan dan kompetensi. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut karena beberapa mahasiswa di bidang tersebut tidak memiliki persiapan pada saat memasuki jurusan yang mereka ambil khususnya dalam hal pemrograman dasar. Coding Trivia merupakan aplikasi kuis atau tebak-tebakan yang bertema algoritma dan pemrograman dasar. Aplikasi Coding Trivia dapat diakses melalui smartphone masing-masing dan juga dimasukkan elemen-elemen permainan agar lebih menarik pemain dalam menjawab setiap pertanyaan. Aplikasi Coding Trivia juga akan menerapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak soal agar pemain tidak mudah bosan. Sehingga dengan adanya aplikasi Coding Trivia, faktor-faktor tersebut dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran algoritma dan pemrograman dasar yang menarik dan dapat mudah diakses melalui smartphone masing-masing, dimana hasil penerapan algoritma Fisher-Yates Shuffle menunjukkan bahwa algoritma tersebut berhasil mengacak urutan soal setiap memulai permainan baru dan juga hasil pengacakannnya yang tidak berganda. Keyword : Programming, Coding Trivia, Fisher-Yates Algorithm

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnggraeny, Fetty TriNIDN0711028201UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.625 Internet Programming
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:06
Last Modified: 18 Feb 2021 02:06
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item