MEDIA EDUKASI “EXERXAM” SEBAGAI APLIKASI PENGEMBANGAN FITUR E-LEARNING BERDASARKAN ALGORITMA ADAPTIVE TEST DAN FISHER YATES (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 SUKODADI – LAMONGAN)

ROSA, EMILIA (2020) MEDIA EDUKASI “EXERXAM” SEBAGAI APLIKASI PENGEMBANGAN FITUR E-LEARNING BERDASARKAN ALGORITMA ADAPTIVE TEST DAN FISHER YATES (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 SUKODADI – LAMONGAN). Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab 5..pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

E-Learning adalah konsep pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. SMA Negeri 1 Sukodadi memiliki visi mencetak generasi muda membanggakan. Sehingga, proses belajar mengajarnya dituntut mengalami pembaharuan. Proses pengujian nampaknya masih tertinggal. Sehingga guru tidak mengerti terkait sejauh mana tingkat pemahaman siswa dan tidak memiliki acuan baru perbaikan proses mengajar agar lebih intensif. Dari permasalahan tersebut, dibutuhkan e-learning dengan pengembangan satu fitur sesuai kebutuhan sebagai website Media Edukasi “Exerxam”. Penelitian menggunakan metode waterfall, dimulai dari pengumpulan data dan kebutuhan melalui sesi wawancara serta studi literatur, perancangan software, penyusunan program hingga diterapkan secara periodik. Proses tersebut menghasilkan suatu inovasi baru berupa sistem berdasarkan algoritma Adaptive Test dan Fisher Yates untuk menyajikan soal dengan perhitungan bobot dari guru pengampu mata pelajaran tertentu, sehingga dapat dilakukan pengujian siswa dalam satu kelas. Hasil pengimplementasian programnya, guru mampu mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam setiap materi dan siswa bisa mengetahui grafik perkembangan akademik dari soal yang sudah dikerjakan. Dari pembuatan sistem ini diperlukan diagram UML untuk proses perancangan sistem menggunakan metodologi waterfall. Penelitian berhasil menerapkan dan mengimplementasi algoritma Adaptive Test dan Fisher Yates menggunakan framework Laravel. Sistem ini diperlukan pengembangan lebih lanjut dengan menambah fitur lain pendukung proses belajar, guna menambah kesempurnaan sistem. Kata kunci : Algoritma Adaptive Test Algoritma Fisher Yates, E-Learning, Ujian Offline, Ujian Online.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFANDI, MOHAMAD IRWANNIDN0718077605UNSPECIFIED
Thesis advisorPUTRA, AGUNG BRASTAMANIDN0024118503UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 07:21
Last Modified: 05 Jan 2021 07:21
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item