Firmansyah, Achmad Bias (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN WEBSITE VIRTUAL TOUR SIMVONI DENGAN PENDEKATAN UTAUT. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
19082010033-cover_merged.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
19082010033-bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
19082010033-bab2.pdf Restricted to Registered users only until 31 May 2025. Download (489kB) |
||
Text (BAB III)
19082010033-bab3.pdf Restricted to Registered users only until 31 May 2025. Download (321kB) |
||
Text (BAB IV)
19082010033-bab4.pdf Restricted to Registered users only until 31 May 2025. Download (724kB) |
||
|
Text (BAB V)
19082010033-bab5.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19082010033-daftarpustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
19082010033_lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 31 May 2025. Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi pada akhir 2019 hingga 2022 telah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor di dalam maupun luar negeri. Cepatnya penyebaran virus Corona membuat berbagai negara mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dan penutupan berbagai tempat umum termasuk museum yang menjadi salah satu elemen pada sektor pariwisata. Hal ini membuat aktivitas museum terganggu sehingga memerlukan terobosan agar aktivitas pameran koleksi museum tetap dapat terlaksana. Untuk itu, adopsi teknologi virtual tour diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan diperlukan evaluasi penerimaan teknologi ini di masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk menggali faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan website virtual tour SIMVONI, mengenali dampak penerimaan terhadap SIMVONI, serta merekomendasikan perbaikan kepada pengembang SIMVONI berdasarkan hasil penelitian. Adapun model ukur yang digunakan pada penelitian ini ialah modifikasi model UTAUT yang digunakan oleh Chiao pada tahun 2018. Model ini memiliki tujuh variabel, diantaranya performance expectancy, effort expectancy, social influence, interaction, facilitating condition, intention to use, use behavior. Peneliti menambahkan variabel moderasi age pada penelitian ini yang tidak digunakan pada penelitian yang dilakukan oleh Chiao. Jenis data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara daring. Data yang didapatkan diolah menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menujukkan terdapat 2 dari 6 hipotesis yang berpengaruh secara signifikan, yakni social influence terhadap intention to use yang memiliki nilai T-statistics sebesar 4.332 dan intention to use terhadap use behavior yang memiliki nilai T-statistics sebesar 16,816. Hal ini memberikan dampak terhadap SIMVONI berupa pengenalan layanan virtual tour yang menyebar dari mulut ke mulut. Seorang pengguna layanan virtual tour dapat mempengaruhi orang di sekitarnya untuk menggunakan layanan tersebut. Hal ini merupakan peluang bagi pengembang SIMVONI untuk membuat promosi dengan strategi User Generated Content, yang mana pengguna dapat menyebarkan gambar maupun video beserta testimoni setelah menggunakan layanan virtual tour SIMVONI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Achmad Bias Firmansyah Firmansyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2023 07:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2023 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/9128 |
Actions (login required)
View Item |